Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11, Simak Syarat dan Tips agar Lolos

Seluruh penduduk Indonesia dengan kriteria tertentu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program Kartu Prakerja di kutip melalui website prakerja.go.id. Simak syarat dan tahapan pendaftaran.
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020)./ANTARA FOTO-Moch Asim
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020)./ANTARA FOTO-Moch Asim

Bisnis.com, JAKARTA – Program Kartu Prakerja gelombang 11 telah dibuka secara resmi pada Senin (2/11/2020).

Seluruh penduduk Indonesia dengan kriteria tertentu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program Kartu Prakerja di kutip melalui website prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja akan diprioritaskan kepada pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya akibat pandemi Covid-19.

Melalui Kartu Prakerja ini, peserta yang berhasil lolos akan mendapatkan uang non-tunai sebesar Rp1 juta untuk mengikuti pelatihan di lembaga yang sudah bekerja sama dengan pemerintah.

Lalu setelah menyelesaikan dan mendapatkan sertifikat pelatihan pertama, peserta kemudian akan mendapatkan insentif pascapelatihan sebesar Rp600 ribu perbulan.

"Insentif ini akan diterima selama empat bulan dan akan dikirimkan ke rekening maupun e-wallet yang telah didaftarkan pada akun Kartu Prakerja," tulis PMO Kartu Prakerja seperti dikutip, Senin (2/11/2020).

Untuk bisa mengikuti pelatihan ini, sebelumnya Anda harus membuat akun atau mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online melalui website prakerja.go.id

Sebelum mendaftarkan diri, pastikan Anda minimal berusia 18 tahun, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Setelah mendaftarkan e-mail dan membuat kata sandi, PMO Kartu Prakerja akan mengirimkan link verifikasi lewat email agar akun bisa digunakan.

Setelah mendaftar silakan isi data diri sesuai dengan KTP dan juga KK. Perhatikan ketika akan mendaftarkan nomor handphone pastikan sesuai dengan e-wallet yang Anda miliki dan masih aktif.

"Ketika mengisi nomor rekening pastikan rekening atas nama pribadi," tulis PMO Kartu Prakerja.

Selanjutnya, Anda akan mengisi pernyataan pendaftar dan kemudian wajib mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.

Bagi pendaftar yang telah memiliki akun namun kehabisan kuota pada gelombang sebelumnya, Anda bisa langsung mengikuti tes menggunakan akun yang telah terdaftar.

Tes terdiri dalam 18 soal dan dikerjakan maksimal selama 25 menit dan diperbolehkan menggunakan alat bantu corat-coret.
"Soal yang diuji berupa pengoperasian matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra," imbuhnya.

Jika Anda telah mengikuti tes, hal terakhir yang diikuti adalah seleksi Gelombang. Pilihlah gelombang yang diinginkan sesuai dengan domisili dengan meng-klik "gabung". Lalu isilah Persetujuan Kartu Prakerja.

Setelah semuanya dilakukan, pada saat pengumuman seleksi gelombang, Anda bisa login ke akun. Jangan lupa untuk cek dashboard.

Selain itu, biasanya pengumuman kelolosan juga akan diberi tahu melalui sms ke nomor handphone yang telah didaftarkan.

Jika Anda lolos, maka Anda bisa membeli dan memulai pelatihan di platform digital dalam waktu 30 hari. Apabila lewat batas waktu, maka Kartu Prakerja akan dinonaktifkan,"

"Perlu diingat, satu-satunya tempat untuk mengikuti Program Kartu Prakerja secara online adalah melalui website prakerja.go.id," tulis PMO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper