Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal IV/2020, Industri Mamin Bakal Dapat Berkah

Gapmmi memprediksi kuartal IV/2020 menjadi peluang bagi pabrikan makanan dan minuman, karena ada libur panjang dalam 3 bulan terakhir tahun ini.
Salah satu fasilitas produksi industri makanan./Kemenperin
Salah satu fasilitas produksi industri makanan./Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA – Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) menyatakan kuartal IV/2020 dapat menjadi momentum peningkatan utilisasi pabrikan meski ancaman Covid-19 masih membayangi.

Ketua Umum Gapmmi Adhi S. Lukman meyakini kuartal IV/2020 dapat menjadi peluang bagi pabrikan makanan dan minuman, karena beberapa liburan panjang dalam 3 bulan terakhir tahun ini dapat meningkatkan aktivitas masyarakat di luar rumah.

"Kegiatan-kegiatan [di luar rumah] itu pasti memerlukan makanan dan minuman. Industri mamin pasti salah satu yang ikut terangkat," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (27/10/2020).

Adhi mendata saat ini rata-rata utilisasi industri mamin berada di posisi 70 persen. Menurutnya, momentum pada kuartal IV/2020 dapat membuat utilisasi industri mamin ditutup di atas level 70 persen pada tahun ini.

Namun, momentum kuartal IV/2020 dinilai belum dapat membuat pertumbuhan industri mamin menyentuh level 4 persen. Gapmmi sempat merevisi pertumbuhan industri mamin dari 9 persen ke level 4 persen pada medio 2020.

"Sulit [untuk menyentuh 4 persen]. Perkiraan saya [tahun ini industri mamin tumbuh] 2 hingga 3 persen. Itu sudah mempertimbangkan banyak liburan pada kuartal IV/2020," tuturnya.

Adhi menyatakan pertumbuhan 2 hingga 3 persen tersebut dapat terpenuhi jika pemerintah daerah tidak lagi menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh. Pasalnya, menurutnya, hal tersebut akan kembali menurunkan aktivitas konsumen dan peredaran barang.

Sebelumnya, Kemenperin memprediksi industri mamin tumbuh hingga 9 persen pada akhir 2020 atau lebih tinggi dari realisasi 2019 yakni 7,9 persen. Namun, Kemenperin terpaksa menurunkan proyeksi itu ke level 4 persen akibat pandemi Covid-19.

"Sampai akhir tahun mungkin sekitar 3 persen, karena beberapa kali kunjungan [ke pabrikan], industri mamin [sudah merasakan] rebound pada Juni 2020. Melihat itu, mudah-mudahan [tumbuh] 3 persen, mungkin tidak 4 persen," ujar Dirjen Industri Agro Kemenperin Abdul Rochim kepada Bisnis.

Seperti diketahui, Purchasing Manager's Index (PMI) Indonesia mulai tumbuh berakselerasi per Juni 2020 ke level 39,1 poin atau naik 10,1 poin indeks dari bulan sebelumnya. Adapun, sejak Juni pergerakan PMI Indonesia terus berakselerasi sampai menyentuh level 50,8 per Agustus 2020.

"PSBB jangan terlalu ketat. [Lakukan PSBB] di wilayah kecil saja, yang di situ merah. Kalau [PSBB] penuh, restoran tidak ada [pelanggannya], apalagi [industri] mamin yang [pertumbuhannya] di restoran," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper