Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASDP Terapkan Tiket QR Code di Penyeberangan Danau Toba

Mulai Rabu, 28 Oktober 2020, penjualan tiket ferry akan berbasis QR Code dengan metode pembayaran selain tunai juga dapat menggunakan kartu uang elektronik (non tunai).
Danau Toba menjelang malam/Antara/Sigid Kurniawan
Danau Toba menjelang malam/Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memodernisasi penjualan tiket penyeberangan feri di lintasan Ajibata–Ambarita di Danau Toba, Sumatra Utara.

Mulai Rabu (28/10/2020), penjualan tiket feri akan berbasis QR Code dengan metode pembayaran selain tunai, juga dapat menggunakan kartu uang elektronik (nontunai). 

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan upaya modernisasi penjualan tiket penyeberangan feri ini sejalan dengan PM No. 19 tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik yang akan diterapkan di seluruh lintasan dan pelabuhan yang dikelola ASDP. 

"Sejak tahun lalu kami fokus dan konsisten dalam digitalisasi bisnis sebagai wujud komitmen kami mengubah wajah penyeberangan menjadi lebih modern," ujarnya pada Selasa (27/10/2020).

Lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak adalah salah satu jalur tersibuk menuju destinasi pariwisata favorit Danau Toba yang juga merupakan salah satu dari program pariwisata super prioritas.

Dia berharap dengan hadirnya layanan ASDP dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba agar semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ira mengungkapkan dengan penerapan digitalisasi ini metode penjualan berubah dari yang sebelumnya menggunakan karcis fisik, sekarang menjadi tiket berbasis QR  Code, dengan pembelian masih secara go-show. 

"Kini metode pembayaran juga dimodernisasi dengan nontunai menggunakan kartu uang elektronik yang dilakukan bertahap dalam masa transisi digitalisasi lintasan ini. Untuk perdana 28 Oktober 2020, pengguna jasa dapat membayar hanya dengan kartu uang elektronik Brizzi (BRI)," ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya mengharapkan dapat juga menggunakan Tap Cash (BNI), E-Money (Mandiri), dan Flazz (BCA). 

Adapun langkah-langkah yang dapat diikuti oleh pengguna jasa yang akan naik kapal feri di lintasan Ajibata - Ambarita sebagai berikut : 

  1. Pengguna jasa datang ke loket penjualan tiket di area Pelabuhan Ajibata atau Ambarita.
  2. Pengguna jasa mendaftar untuk pengisian manifes.
  3. Pengguna jasa melakukan pembayaran tiket menggunakan kartu uang elektronik (tahap awal Brizzi) atau dengan uang tunai.
  4. Pengguna jasa mendapatkan bukti pembayaran tiket.
  5. Pengguna jasa dipersilakan melakukan embarkasi ke dalam kapal untuk menyeberang.

"Pembayaran dengan nontunai atau kartu uang elektronik menjadi salah satu opsi yang dibuka dalam masa transisi digitalisasi selain pembayaran tunai. Tentunya, tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada pengguna jasa. Untuk biaya pembelian dan pengisian ulang kartu uang elektronik mengikuti ketentuan bank penerbit dari masing-masing kartu prepaid tersebut," jelasnya. 

ASDP melayani lintasan Ajibata–Ambarita dengan mengoperasikan KMP Ihan Batak sejak 27 Desember 2018 dan hingga saat ini antusiasme pengguna jasa sangat tinggi dengan kehadiran kapal berukuran 546 Gross Tonage (GT) yang dibangun pertama kali oleh Kementerian Perhubungan di Kawasan Danau Toba tersebut. 

Respons positif atas layanan KMP Ihan Batak diungkapkan sejumlah pengguna jasa di kawasan Danau Toba, dan ASDP berkomitmen terus menghadirkan layanan penyeberangan yang semakin nyaman, aman, dan selalu memprioritaskan aspek keselamatan.

KMP Ihan Batak dibangun Kementerian Perhubungan oleh PT Dok Bahari Nusantara di Desa Parparean II Porsea Tobasa memiliki kapasitas penumpang 280 orang dan kendaraan campuran 32 unit, yang dioperasikan di lintasan Ajibata–Ambarita di bawah koordinasi ASDP Cabang Sibolga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper