Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Perusahaan Ini Bentuk Asosiasi Hidrogen Jepang

Di tengah pandemi dan penantian terhadap vaksin Covid-19, sembilan perusahaan Jepang meluncurkan Asosiasi Hidrogen Jepang (JH2A) untuk mempromosikan pembentukan rantai pasokan hidrogen dan kemitraan global di sektor hidrogen.
 Simbol kimia tampak di stasiun hidrogen di Tokyo, 24 April 2017. -Reuters
Simbol kimia tampak di stasiun hidrogen di Tokyo, 24 April 2017. -Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi dan penantian terhadap vaksin Covid-19, sembilan perusahaan Jepang meluncurkan Asosiasi Hidrogen Jepang (JH2A) untuk mempromosikan pembentukan rantai pasokan hidrogen dan kemitraan global di sektor hidrogen.

Kesembilan perusahaan tersebut ialah ENEOS Corporation, Iwatani Corporation, Kawasaki Heavy Industries, Ltd., Kobe Steel, Ltd., MITSUI & CO., Ltd., Sumitomo Mitsui Financial Group, Inc., The Kansai Electric Power Company, Inc., Toshiba Corporation, dan Toyota Motor Corporation.

"Dengan membentuk masyarakat hidrogen serta bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan, JH2A akan berupaya mengembangkan industri hidrogen dan mendorong inisiatif menuju pengembangannya," pernyataan panitia pembentukan JH2A seperti dikutip dalam keterangan pers TMC, Senin (19/10/2020).

Panitia persiapan menargetkan pembentukan organisasi baru secara resmi pada awal Desember. JH2A akan bekerja sama dengan perusahaan lain, pemerintah daerah, dan organisasi yang bersedia mendukung inisiatif tersebut.

Dengan hidrogen diantisipasi untuk memainkan peran penting dan sentral dalam mengekang pemanasan global, Jepang diharapkan untuk terus memimpin secara global melalui langkah-langkah inovatif.

Asosiasi Hidrogen JAPAN yang baru akan bermitra dan berkolaborasi dengan bisnis dan organisasi yang ada saat bekerja untuk membangun rantai nilai hidrogen. JH2A akan membuat rencana untuk menyediakan fungsi untuk mempromosikan inisiatif, berkoordinasi dengan pemangku kepentingan eksternal, dan melakukan penelitian.

- Terlibat dalam inisiatif lintas sektor untuk membangun rantai nilai hidrogen
- Mempercepat perkembangan menuju implementasi sosial untuk mewujudkan masyarakat hidrogen
- Mempromosikan pembentukan sistem penyediaan dana dengan lembaga keuangan

Pembentukan JH2A didorong oleh kondisi di mana banyak negara mempercepat inisiatif untuk mewujudkan masyarakat hidrogen. Selain itu, potensi dan masalah terkait dengan penggunaan hidrogen untuk mengurangi emisi CO2 telah diperdebatkan di Jepang.

Berbagai perusahaan bermitra untuk perluasan permintaan hidrogen, pasokan hidrogen biaya rendah, dan promosi penggunaan hidrogen.

Perusahaan anggota yang disebutkan di atas telah menyadari kebutuhan akan organisasi lintas sektor yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah menciptakan permintaan hidrogen, mengurangi biaya melalui peningkatan penggunaan hidrogen dan inovasi teknologi, bersama dengan pasokan dana untuk bisnis, dan mempertimbangkan langkah-langkah konkret menuju pembentukan komite baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper