Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Budi: Sepeda Jadi Bagian Integrasi Antarmoda Transportasi

Menhub Budi Karya menilai sepeda, sebagai bentuk dari non motorized transportation (NMT), bisa menjadi bagian dari integrasi antarmoda transportasi publik seperti KRL, MRT, dan BRT.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Dok. BKIP Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Dok. BKIP Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mensosialisasikan penggunaan sepeda sebagai bentuk dari non motorized transportation (NMT) yang digunakan dalam tahapan first mile dan last mile saat berproses menggunakan transportasi publik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan sepeda bisa menjadi bagian dari integrasi antarmoda yang baik dengan transportasi publik seperti KRL, MRT, dan BRT. Adapun, kegiatan sosialisasi dilakukan melalui acara Virtual Fun Bike yang diikuti oleh sekitar 4.000 pesepeda di 26 kota di Indonesia.

“Bersepeda saat ini menjadi sebuah tren dan gaya hidup baru di tengah pandemi. Kami ingin sepeda menjadi salah satu pilihan moda transportasi bagi masyarakat untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari, karena sepeda merupakan transportasi yang ramah lingkungan dan menyehatkan,” kata Budi Karya dalam siaran pers, Sabtu (17/10/2020).

Dia menambahkan Kemenhub hadir untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bersepeda bagi masyarakat dengan menerbitkan Peraturan Menhub No. 59/2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengendara sepeda.

Budi Karya berpendapat dengan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap penggunaan sepeda, jangan sampai mengabaikan keselamatan yang mendatangkan penyesalan. Adapun, bersepeda dengan selamat menjadi suatu keharusan.

Lebih lanjut, Menhub meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti helm dan pelindung lainnya. Kemudian, patuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepeda dengan selamat.

Dia menuturkan, para pegiat sepeda bisa menjadi agen yang baik untuk melakukan sosialisasi keselamatan bersepada kepada komunitasnya.

“Kita ingin Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang menghargai dan menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan transportasi yang bebas emisi seperti sepeda. Mari kita bersama menjadikan Indonesia yang ramah pesepeda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper