Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jepang Bakal Tambah Subsidi Relokasi ke Asia Tenggara

Program ini adalah bagian dari komitmen Negeri Matahari Terbit ini untuk mengurangi ketergantungannya dengan China.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  11:05 WIB
Sekretaris Dalam Negeri AS Michael Pompeo (kiri) dan Perdana Menteri Jepang berfoto bersama di Tokyo, Jepang, Selasa (6/10/2020). - Bloomberg.
Sekretaris Dalam Negeri AS Michael Pompeo (kiri) dan Perdana Menteri Jepang berfoto bersama di Tokyo, Jepang, Selasa (6/10/2020). - Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Jepang bakal memperluas program subsidi bagi perusahaan untuk merelokasi pabriknya dari China ke Asia Tenggara.

Program itu adalah bagian dari komitmen Negeri Matahari Terbit ini untuk mengurangi ketergantungannya dengan China.

Dilansir dari Nikkei Asian Review, Kamis (15/10/2020), pemerintah setidaknya akan menanggung biaya hingga setengahnya dari relokasi perusahaan Jepang ke Asia Tenggara bagi perusahaan besar.

Untuk perusahaan dengan skala lebih kecil, pemerintah akan menanggung biaya relokasi setidaknya dua pertiga dari biaya total.

Program subsidi ini akan berlaku bagi perusahaan yang produksinya terkonsentrasi di kawasan tertentu.

Selain mengurangi ketergantungan dengan China, program ini diharapkan mampu menjadi pendorong ekspansi perusahaan Jepang ke negara-negara lain.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga diperkirakan bakal mengumumkan kebijakan subsidi ini secara detil ketika dia mengunjungi Vietnam pada bulan ini.

Kunjungannya kali ini menggarisbawahi pentingnya peran Asia Tenggara pada Jepang sekaligus kunjungan pertama kalinya sejak ia menjabat sebagai perdana menteri.

Di samping itu, langkah Jepang untuk membangun pabrik di Asia Tenggara dan mengurangi kapasitas produksi di China akan dipertimbangkan sebagai strategi diversifikasi bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang relokasi pabrik

Sumber : Nikkei Asian Review

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top