Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani Dapat Setoran Pajak Rp97 Miliar dari Netflix, Google, Spotify dkk

Ada enam entitas yang sudah menyetorkan hasil pungutan PPN, mereka adalah Amazon Web Services Inc., Google Asia Pacific Pte. Ltd., Google Ireland Ltd., Google LLC., Netflix International B.V., dan Spotify AB.
Tampilan Netflix/ Bloomberg
Tampilan Netflix/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP), di bawah Kementerian Keuangan, telah menerima setoran pajak senilai Rp97 miliar dari 6 perusahaan global yang ditunjuk sebagai pemungut PPN atas transaksi digital dari luar negeri.

Hal ini dikatakan Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) DJP Hestu Yoga Saksama saat dikonfirmasi seputar perkembangan pemungutan PPN PMSE.

"Enam entitas gelombang pertama sudah menyetor PPN yang dipungut senilai Rp97 miliar," ujar Yoga, Jumat (9/10/2020).

Yoga menjelaskan enam entitas yang dimaksud adalah Amazon Web Services Inc., Google Asia Pacific Pte. Ltd., Google Ireland Ltd., Google LLC., Netflix International B.V., dan Spotify AB. Keenam entitas tersebut telah ditunjuk pemerintah pada gelombang pertama awal Juli 2020 lalu.

Adapun, Yoga menambahkan hari ini otoritas telah menunjuk delapan perusahaan global sebagai pemungut PPN atas barang dan jasa digital dari luar negeri yang dijual ke pelanggan Indonesia.

Dengan penambahan delapan entitas maka jumlah pemungut PPN produk digital luar negeri adalah 36 entitas.

Yoga berharap seluruh perusahaan yang telah memenuhi kriteria, termasuk penjualan Rp600 juta setahun atau Rp50 juta per bulan, agar dapat mengambil inisiatif dan menginformasikan kepada DJP.

"Ini perlu dilakukan, supaya proses persiapan penunjukan termasuk sosialisasi secara one-on-one dapat segera dilaksanakan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper