Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Penerbangan di Vietnam Pulih Lebih Cepat di Asia Tenggara

Rasio perkiraan 55 persen untuk maskapai penerbangan Vietnam tahun ini lebih tinggi dari perkiraan 35 persen untuk sebagian besar maskapai penerbangan di negara Asean seperti Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia.
Vietnam Airlines/vietnamairlines.com
Vietnam Airlines/vietnamairlines.com

Bisnis.com, JAKARTA — Lalu lintas penumpang pesawat untuk operator Vietnam akan pulih lebih cepat daripada di pasar Asia Tenggara lainnya, berkat insiden Covid-19 yang rendah di negara itu, kata sebuah laporan.

Laporan Fitch Ratings seperti dikutip dari e.vnexpress.net, Minggu (4/10/2020) memperkirakan pendapatan rata-rata kilometer penumpang (revenue passenger kilometres/RPK) maskapai penerbangan Vietnam tahun ini mencapai 55 persen dari angka tahun lalu.

RPK adalah matrik industri penerbangan yang menunjukkan jumlah kilometer yang ditempuh oleh penumpang pesawat. Menurut Kantor Statistik Umum, RPK maskapai penerbangan Vietnam mencapai 77,9 miliar tahun lalu, naik lebih dari 11 persen secara tahunan,

Rasio perkiraan 55 persen untuk maskapai penerbangan Vietnam tahun ini lebih tinggi dari perkiraan 35 persen untuk sebagian besar maskapai penerbangan di negara-negara Asean lainnya seperti Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia.

Laporan tersebut juga memperkirakan bahwa pada 2021, operator Vietnam akan mencatat RPK rata-rata 90 persen, dibandingkan dengan 60 persen untuk negara-negara Asean yang disebutkan tadi, karena pemulihan yang lebih cepat dari dampak pandemi.

Singapore Airlines mungkin mencatat angka perbandingan terendah di antara anggota Asean masing-masing sebesar 30 persen dan 50 persen pada 2020 dan 2021 dibandingkan dengan 2019, kata laporan itu.

Di Asia, China bisa menjadi pasar dengan pemulihan tercepat, berkat keberhasilannya dalam mengatasi pandemi. Operator China dapat mencapai 60 persen dan 100 persen pada 2020 dan 2021 dibandingkan dengan 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper