Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore! Thailand Setop Safeguard Produk Baja Canai Panas Indonesia

Thailand telah menghentikan pengenaan safeguard terhadap produk baja canai panas asal Indonesia karena industrinya sudah pulih dari kerugian.
Industri baja/Bisnis.com
Industri baja/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan memastikan pemerintah Thailand telah menghentikan pengenaan bea masuk tindak pengamanan (BMTP) atau safeguard terhadap produk baja canai panas asal Indonesia. Keputusan ini dinilai bisa makin membuka peluang ekspor produk tersebut ke Negeri Gajah Putih.

“Kami mengapresiasi sikap pemerintah Thailand yang menghentikan pengenaan bea masuk safeguard baja canai panas. Kami melakukan upaya pengawalan dan pembelaan atas kepentingan Indonesia untuk memastikan Indonesia tetap dikecualikan dari safeguard sejak penyelidikan awal sampai peninjauan ulang pengenaan,” ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dilansir dari keterangan resmi, Kamis (1/10/2020).

Keputusan penghentian pengenaan bea masuk safeguard diambil Thailand karena industrinya sudah pulih dari kerugian. Tindakan safeguard impor baja canai panas telah diterapkan Thailand sejak Desember 2014. Namun, Indonesia bersama sejumlah negara berkembang lainnya berhasil memperoleh pengecualian.

Saat itu, bea masuk safeguard pertama kali ditetapkan sebesar 21,92 persen. Tarif kemudian diturunkan menjadi 21,52 persen pada 2016 dan menjadi 21,13 persen pada 2017. Setelah dilakukan review pertama, pengenaan safeguard diperpanjang mulai Juni 2017 sampai 6 Juni 2020.

Sesuai aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), tarif yang dikenakan pada periode perpanjangan harus lebih liberal. Artinya, tarif tahun selanjutnya harus lebih kecil dari pengenaan awal. Tarif safeguard pada perpanjangan pertama dimulai di besaran 21 persen, lalu diturunkan sebesar 0,13 persen pada tahun-tahun berikutnya.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Didi Sumedi mengungkapkan, para eksportir baja canai panas Indonesia harus memanfaatkan kesempatan ini.

“Jika sebelumnya ada kehati-hatian dari para eksportir dalam melakukan ekspor karena adanya ancaman pengenaan safeguard saat dilakukan peninjauan kembali, kini, para eksportir berkesempatan meningkatkan ekspor ke Thailand. Produk baja canai Indonesia juga memiliki potensi ekspor yang besar karena mampu bersaing secara kualitas dan harga,” ungkap Didi.

Ekspor baja canai panas tercatat meningkat secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Ekspor produk baja canai panas Indonesia ke Thailand pada periode 2016-2019 mengalami peningkatan sebesar 18,09 persen. Sedangkan, ekspor baja canai panas Indonesia ke seluruh dunia meningkat sebesar 44 persen pada periode yang sama.

Nilai ekspor baja canai panas Indonesia ke dunia pada 2016 tercatat sebesar US$184,3 juta. Kemudian, nilai tersebut meningkat menjadi US$254,5 juta pada 2017, US$427,4 juta pada 2018 dan kembali tumbuh pada 2019 menjadi US$526,9 juta.

Meski demikian, nilai ekspor baja canai panas sepanjang Januari-Juli tercatat berjumlah US$300,8 juta. Nilai ini turun 1,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper