Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantap! 2 Tahun Lagi Tol Kedua di Bali Ditargetkan Beroperasi

Proyek jalan tol senilai Rp19,30 triliun itu digarap oleh PT Bariko Indoraya dan PT Cipta Sejahtera Nusautama dengan panjang  95,22 kilometer.
Jalan tol Bali Mandara/Antara/Fikri Yusuf
Jalan tol Bali Mandara/Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan proyek jalan tol baru di Bali yang akan menghubungkan Gilimanuk—Mengwi akan mulai beroperasi bertahap pada 2022.

Saat ini, di Bali sudah ada jalan tol Bali Mandara yang berdiri di atas laut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa rencananya tol baru di Bali ini akan mulai dibangun pada Juni 2021.

"Tol ini targetnya agak radikal, mulai konstruksi Juni 2021 dan mulai beroperasi bertahap Agustus 2022, dalam setahun harus bisa mulai operasi," ujarnya Rabu (9/9/2020).

Menurut Basuki, proyek tol tersebut digarap oleh investor swasta yaitu PT Bariko Indoraya dan PT Cipta Sejahtera Nusautama.

Saat ini, proyek itu masih berstatus dalam masa evaluasi teknis dan pengusahaan. Jalan tol ini direncanakan dibangun sepanjang 95,22 kilometer dan menelan investasi senilai Rp19,30 triliun.

Pembangunan jalan tol Gilimanuk—Mengwi ini terbagi atas 3 seksi, Seksi 1 Pekutatan—Soka sepanjang 23,60 kilometer, Seksi 2 Soka—Mengwi sepanjang 21,80 kilometer, lalu Seksi 3 Gilimanuk—Pekutatan 50,2 kilometer.

Selanjutnya, Kementerian PUPR juga berencana membuat tol baru yang menghubungkan Bali Selatan dengan Bali Utara, yaitu dari Soka—Buleleng sepanjang kurang lebih 60 kilometer. Rencana jalan tol ini disebut tol Kubutambahan.

"Proyek tol ini juga rencananya sebagai dukungan pemerintah untuk pengembangan Bali Utara karena ada rencana proyek bandara baru di sana."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper