Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rahasia AirAsia Indonesia Pertahankan Bisnis saat Pandemi

AirAsia Indonesia mengaku masih mendapatkan dukungan finansial untuk keberlangsungan bisnisnya selama pandemi Covid-19.
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) akan tetap memperoleh dukungan finansial dari AirAsia Group Berhad untuk keberlangsungan operasionalnya hingga kini.

VP Corporate Secretary AirAsia Indonesia Indah Permatasari Saugi mengatakan sejak awal 2020, kegiatan usaha Kelompok Usaha telah, terus dipengaruhi oleh penyebaran Covid-19.

Menurutnya, keberlarutan penyebaran wabah dapat berdampak fatal pada perekonomian Indonesia dan sejumlah sektor bisnis. Pada saat ini, masih terdapat ketidakpastian atas waktu pemulihan industri penerbangan.

Indah menuturkan untuk mengantisipasi terjadinya efek yang merugikan kinerja keuangan kelompok usaha, manajemen mengimplementasikan langkah-langkah penghematan biaya. Langkah ini akan terus diimplementasikan sampai saat pemulihan situasi bisnis untuk menjaga kesinambungan usaha, di antaranya seperti pengurangan gaji, pengurangan pada acara, sponsor, dan biaya-biaya pemasaran.

“Kami telah Bekerja sama dengan Grup AirAsia untuk negosiasi ulang biaya dengan vendor-vendor dan optimalisasi kapasitas pesawat. Lebih lanjut, kelompok usaha juga mendapatkan surat pernyataan dukungan keuangan dari AirAsia Group Berhad yang menyatakan bahwa mereka akan terus memberikan dukungan keuangan yang diperlukan untuk menjalankan usaha,” jelasnya dari keterbukaan informasi publik yang dikutip, Kamis (3/9/2020).

Berdasarkan laporan keuangan konsolidasian semester I/2020, Indah menyebutkan kendati pendapatan dan hasil usaha Kelompok Usaha menunjukkan perbaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Kelompok Usaha masih mengalami rugi komprehensif konsolidasian senilai Rp1,2 trilliun dan arus kas positif dari aktivitas operasi sebesar Rp193,5 miliar yang berakhir pada 30 Juni 2020.

Adapun, sejauh ini. model bisnis dari Grup AirAsia berkeyakinan pada pengoperasian satu jenis pesawat dengan konfigurasi yang identik, point-to-point connectivity, utilisasi pesawat yang tinggi, sistem platform pemesanan satu atap dalam Grup AirAsia (airasia.com), jaringan rute yang luas dan kemampuan pemanfaatan pembelian secara massal untuk menyediakan keunggulan biaya.

Manajemen juga mengambil keuntungan dari efek jaringan yang luas melalui jaringan utama Grup AirAsia di Kuala Lumpur serta memperluas konektivitas di dalam jaringan domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper