Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow! Lima Anak Usaha Angkasa Pura II Raih Pendapatan Rp1,3 T

Total sepanjang Januari - Juli 2020, sebanyak 5 anak usaha PT Angkasa Pura II meraih pendapatan Rp1,336 triliun.
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Walaupun di tengah upaya bertahan hidup, sebanyak lima anak usaha PT Angkasa Pura II (Persero) mencatatkan pendapatan hingga Rp1,3 triliun.

Saat ini, AP II termasuk anak usahanya di tengah pandemi global Covid-19 pada 2020 menjalankan strategi bisnis untuk bertahan dan menjaga stabilitas perusahaan.

Strategi tersebut dijalankan melalui pengembangan inovasi perolehan pendapatan usaha (top line innovation), memaksimalkan alat produksi (asset maximizing) dan penghematan biaya operasi (cost leadership).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan strategi tersebut juga didukung dengan konsep 3R dalam menjalankan bisnis: Reconfigure the structure; Restore the unoptimal business; Replace the unimportant things.

Total sepanjang Januari – Juli 2020, sebanyak 5 anak usaha meraih pendapatan Rp1,336 triliun. Pendapatan ini, terangnya, cukup tinggi di tengah pandemi karena memang anak usaha telah melakukan berbagai inovasi, memaksimalkan aset dan penghematan.

“Kontribusi pendapatan terbesar berasal dari PT Gapura Angkasa dan PT Angkasa Pura Solusi yang memang sudah berdiri cukup lama. Sementara itu, PT Angkasa Pura Propertindo dan PT Angkasa Pura Kargo baru berdiri sekitar 3 tahun, dan PT Angkasa Pura Aviasi berdiri sekitar 1 tahun lalu,” jelasnya, Sabtu (29/8/2020).

Adapun anak usaha PT Angkasa Pura II adalah PT Angkasa Pura Solusi, PT Angkasa Pura Kargo, PT Angkasa Pura Propertindo, PT Angkasa Pura Aviasi dan PT Gapura Angkasa.

Dia mengatakan melalui inovasi, memaksimalkan alat produksi, dan melakukan penghematan yang juga didukung dengan konsep 3R, kelima anak usaha tersebut di tengah pandemi ini dapat berkontribusi maksimal terhadap pendapatan perseroan.

Berikut pendapatan 5 anak usaha PT Angkasa Pura II pada periode Januari - Juli 2020:

PT Angkasa Pura Solusi (APS)
PT Angkasa Pura Solusi membukukan pendapatan Rp494,07 miliar dengan bidang usaha antara lain penyediaan fasilitas di bandara, perparkiran, sumber daya manusia, dan ritel.

PT Angkasa Pura Kargo (APK)
PT Angkasa Pura Kargo berhasil meraih pendapatan Rp137,116 miliar dengan bidang usaha kargo dan logistik. “Bisnis usaha dari APK relatif mampu bertahan karena angkutan kargo saat ini tetap berjalan dengan baik. Di sisi lain, APS juga melakukan inovasi yakni dengan menyewakan gudang yang dimiliki ke sejumlah institusi,” jelas Awal.

PT Angkasa Pura Propertindo (APP)
PT Angkasa Pura Propertindo membukukan pendapatan Rp81,45 miliar. APP disiapkan untuk mengelola properti di kawasan bandara dan dalam waktu dekat akan membuka hotel bintang 4 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

PT Angkasa Pura Aviasi (APA)
Kemudian PT Angkasa Pura Aviasi (APA) meraih pendapatan Rp18,104 miliar. Perseroan saat ini tengah menyiapkan langkah-langkah terkait dengan strategic partnership di Bandara Kualanamu.

PT Gapura Angkasa
PT Gapura Angkasa membukukan pendapatan mencapai Rp605,995 miliar dengan menyediakan layanan antara lain jasa ground handling.

“Melalui 3R yang terimplementasi dengan baik dapat membuat struktur organisasi dan proses operasi lebih sederhana, lalu optimalisasi bisnis dengan melakukan business pivoting atau mencari peluang, dan menghilangkan hal-hal yang tidak penting, maka PT Angkasa Pura II dan anak usaha dapat mempertahankan stabilitas di tengah pandemi ini," ujarnya.

Saat ini pendapatan Angkasa Pura II Group berasal dari portofolio bisnis aeronautika dan portofolio bisnis nonaeronautika.

Bisnis aeronautika seperti layanan ke penumpang pesawat dan ke maskapai sebagian besar dilakukan oleh induk usaha yaitu PT Angkasa Pura II. Sementara itu, bisnis nonaeronautika sebagian besar dilakukan oleh anak usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper