Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ruangguru Belum Tagih Pembayaran Program Kartu Prakerja Gelombang 1-3 

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mengatakan sumbangan tersebut diberikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Staf Khusus Milenial Presiden Jokowi, Adamas Belva Syah Devara./Antara
Staf Khusus Milenial Presiden Jokowi, Adamas Belva Syah Devara./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mengatakan siap menyumbangkan seluruh pemasukan yang didapat Skill Academy dari program Kartu Prakerja untuk penanganan virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Meski demikian, dia mengaku belum menagih dana kepada pemerintah terkait program Kartu Prakerja sejak gelombang 1 hingga gelombang 3.

"Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait Program Kartu Prakerja," katanya seperti dikutip dalam siaran pers, Selasa (4/8/2020).

Dia menuturkan proses rekonsiliasi transaksi dengan manajemen pelaksana (PMO) Kartu Prakerja perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memproses penagihan.

Sebelum diterima, hasil pembayaran dari Program Kartu Prakerja akan dipotong oleh pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Setelah itu, seluruh pemasukan Skill Academy melalui Program Kartu Prakerja selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3 akan disumbangkan kepada negara melalui BNPB [Badan Penanggulangan Bencana Nasional]," ucapnya.

Dengan adanya donasi ini, Belva menuturkan seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Prakerja menjadi tanggungan Ruangguru.

Tanggungan tersebut termasuk biaya produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur daring yang memadai bagi peserta program, layanan konsumen, dan aspek kepentingan usaha lainnya.

"Tercatat ada 310.970 peserta yang memanfaatkan kelas pelatihan Skill Academy di Program Kartu Prakerja selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3," ucap mantan Staf Khusus Milenial Presiden tersebut.

Selama berjalannya Program Kartu Prakerja, Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital juga menerapkan kebijakan komisi 0% kepada seluruh mitra lembaga pelatihan di platform digital milik Ruangguru tersebut.

Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19, Ruangguru juga turut memberikan layanan gratis ruangkelas, yaitu sistem kelola pembelajaran jarak jauh (PPJ) kepada seluruh sekolah di Indonesia.

“Semoga layanan ini dapat membantu jutaan guru dan pelajar dalam meningkatkan efektifitas belajar mengajar selama pelaksanaan PJJ di masa pandemi,” tutup Belva.

Skill Academy by Ruangguru merupakan platform pelatihan online dan offline bersertifikat terbesar di Indonesia. Melalui situs dan aplikasi, tersedia ratusan kelas pelatihan secara daring dalam bentuk video belajar dengan topik seperti pengembangan diri, persiapan tes, pemasaran, teknologi & software, serta bisnis & keuangan.

Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat. Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam dan Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper