Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik Iduladha, Volume Lalin Naik 33,6 Persen, Ini Antisipasi Jasa Marga

Jasa Marga mulai mengantisipasi volume lalu lintas akibat arus balik Iduladha yang diprediksi terjadi mulai Minggu (2/8/2020) termasuk dengan mengevaluasi arus mudik pada Kamis (30/7/2020).
PT Jasa Marga Tbk. bersiap mengantisipasi arus balik Iduladha./Istimewa/Jasa Marga
PT Jasa Marga Tbk. bersiap mengantisipasi arus balik Iduladha./Istimewa/Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksi puncak arus balik menuju Jakarta saat libur panjang Iduladha 1441 H terjadi pada Minggu (2/8/2020).

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang menuju Jakarta selama 2 hari pada H+1 s.d H+2 Iduladha 1441 H (1–2 Agustus 2020) sebanyak 372.692 kendaraan, naik 33,6 persen dibandingkan dengan volume lalu lintas (lalin) normal.

Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan bahwa angka tersebut merupakan kumulatif lalin yang meninggalkan Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah barat), GT Ciawi (arah selatan), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah timur).

“Kami memprediksi dari seluruh gerbang tol tersebut, distribusi lalin mayoritas dari arah timur mencapai 56,3 persen. Sementara itu, dari arah barat 21,7 persen, dan dari selatan 22,0 persen,” pparnya melalui keterangan tertulis.

Untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi, sejumlah strategi disiapkan bersama dengan Ditjen Bina Marga Rakyat (PUPR), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, serta pihak Kepolisian.

Bima menjelaskan setidaknya ada dua catatan khusus sebagai tindak lanjut dari evaluasi puncak arus mudik Iduladha 1441 H pada Kamis (30/7/2020).

Pertama, Jasa Marga mendukung penuh Kemenhub dan Kepolisian untuk mengalihkan kendaraan sumbu tiga ke atas agar tidak masuk jalan tol untuk menghindari banyaknya gangguan lalin seperti terjadi Kamis lalu.

Kedua, menindaklanjuti arahan dari Bina Marga dan BPJT, Jasa Marga memastikan proyek pekerjaan di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur dihentikan sementara, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan,” kata Bima.

Jasa Marga juga mempersiapkan petugas dan prasarana untuk mendukung upaya mencairkan lalin di lokasi-lokasi rawan kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, termasuk untuk memberlakukan rekayasa lalin.

Dia menjelaskan beberapa titik rawan kepadatan lalin menuju Jakarta yang harus diantisipasi pengguna jalan adalah KM 66 yang merupakan pertemuan lalin Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta–Cikampek serta beberapa titik jelang rest area terutama di rest area KM 62, KM 52, dan KM 42.

Selain itu, patut diwaspadai serta pada GT Cikunir 2 yang akan melayani lalin dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Bawah dan GT Cikunir 4  dan 6 dari Tol Jakarta Cikampek II Elevated menuju Jakarta.

Jasa Marga juga akan mendukung perambuan dan personil untuk rencana pelaksanaan rekayasa lalin atas diskresi Kepolisian seperti pengalihan kendaraan angkutan barang 3 sumbu lebih menuju Jakarta dan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga, lanjutnya, terus berkoordinasi dengan Kepolisian untuk dapat memberlakukan rekayasa lalin seperti pengalihan angkutan barang 3 sumbu lebih melintas di jalan tol dan contraflow serta penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

“Kami mohon kerja sama pengguna jalan untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu yang bersamaan pada Minggu untuk menghindari puncak arus balik,” kata Bima.

Jasa Marga juga mengimbau agar pengguna jalan memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di rest area, mengisi saldo uang elektronik yang cukup, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas, serta beristirahat jika lelah berkendara.

Informasi lalin di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper