Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendes Klaim 99 Persen Desa Telah Terima BLT Dana Desa

74.877 desa yang telah menerima suntikan Dana Desa untuk BLT Dana Desa. Angka tersebut berarti setara dengan 99 persen dari total 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia.
Warga di Kabupaten OKI, Sumsel menerima bantuan langsung tunai dana desa dari pemerintah./ Istimewa
Warga di Kabupaten OKI, Sumsel menerima bantuan langsung tunai dana desa dari pemerintah./ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa telah disalurkan ke 99 persen dari total desa di seluruh Indonesia.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan ada 74.877 desa yang telah menerima suntikan Dana Desa untuk BLT Dana Desa.

Angka tersebut berarti setara dengan 99 persen dari total 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia.

"Hari ini per 27 Juli sudah 96 persen kabupaten/kota yang tuntas menyalurkan BLT Dana Desanya. Jadi kalau dilihat dari kabupaten kotanya sudah 406 kabupaten/kota, atau setara dengan 96 persen kabupaten/ kota yang sudah tuntas," ujar Mendes Halim, atau yang lebih akrab disapa Gus Menteri, dalam konferensi pers melalui zoom dari Kemendes PDTT, Jakarta, Selasa.

Dari jumlah tersebut, desa yang telah menetapkan calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa melalui Musyawarah Khusus Desa adalah sebanyak 74.819 desa atau setara dengan 99 persen dari 74.877 desa yang telah menerima Dana Desa untuk bantuan penanganan dampak Covid-19 di desa.

Dia mengungkapkan desa yang sudah melakukan Musdesus dan menyalurkan BLT Dana Desa adalah sebanyak 73.547 desa, atau setara dengan 98 persen dari total 74.877 desa yang telah menerima Dana Desa.

Berdasarkan penyalurannya di tingkat kabupaten/kota, BLT Dana Desa telah disalurkan 100 persen di 406 kabupaten/kota, disusul oleh 16 kabupaten/kota yang sudah 90-99 persen penyalurannya, 10 kabupaten/kota dengan persentase penyaluran 50-89 persen dan dua kabupaten/kota dengan tingkat penyaluran sebesar 0-49 persen.

Mendes mengatakan penyaluran BLT Dana Desa tersebut tidak akan mungkin tersalur sampai 100 persen karena beberapa hal, antara lain karena ada sekitar 57 desa yang kemungkinan tidak menerima Dana Desa karena status desa mereka dan 61 desa yang menerima Dana Desa tetapi tidak menyalurkan BLT Dana Desa karena mungkin tidak ada lagi warga miskin yang berhak menerima bantuan di desa tersebut.

"Sehingga total desa yang berpotensi menerima BLT Dana Desa ada sebanyak 74.835 desa dari total 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia, menurut data yang terakhir diperbarui pada 27 Juli 2020," kata Gus Menteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper