Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Benarkah Saat Ini Waktu yang Tepat Membeli Properti?

Selama pandemi Covid-19 ini, banyak kemudahan yang ditawarkan pengembang dan perbankan kepada konsumen.
Foto udara perumahan di Kawasan Ciwastra, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/6/2020). Bisnis/Rachman
Foto udara perumahan di Kawasan Ciwastra, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/6/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, saat ini disebut sebagai waktu yang tepat untuk membeli properti.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan bahwa banyak keuntungan yang ditawarkan pengembang kepada konsumen apabila membeli properti saat harganya tertekan seperti sekarang.

"Sekarang ini good timing yang tepat untuk membeli properti karena kalau ekonomi membaik ya, pasar properti pulih, harga properti pun bakal melonjak," ujarnya, Selasa (28/7/2020).

Menurutnya, selama pandemi Covid-19 ini, banyak kemudahan yang ditawarkan pengembang dan perbankan kepada konsumen. Terlebih, suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7 Day Repo Rate terus menurun sehingga tren bunga rendah di pasar akan sangat menguntungkan bila masyarakat membeli properti sekarang.

"BI baru-baru ini memangkas kembali BI 7-Day Reverse Repo Rate ke level 4 persen yang merupakan level terendah dalam 5 tahun terakhir," katanya.

Ferry menuturkan bahwa produk properti yang dekat dengan moda transportasi umum atau konsep transit oriented development makin menarik untuk investasi jangka panjang.

Hal ini dipengaruhi perkembangan gaya hidup seperti waktu perjalanan untuk kepastian waktu tempuh dengan transportasi publik yang nyaman sehingga jarak tidak menjadi kendala utama.

"Pengembang punya peluang untuk berinovasi dalam mengenalkan produknya. Penerapan new normal makin memudahkan konsumen untuk memperoleh informasi tentang produk yang diidamkan karena mereka mendapat informasi lewat metode digital,” tutur Ferry.

Sebelumnya, Country Manager Rumah.com Marine Novita menuturkan iklim properti di wilayah Jabodetabek kembali bergairah seiring dengan kebijakan BI memangkas suku bunga acuan menjadi empat persen.

"Perbankan tentunya akan menyesuaikan suku bunga kredit pemilikan rumah atau apartemen sehingga minat masyarakat untuk mencari hunian tidak bakal surut meskipun di tengah pandemi Covid-19," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper