Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hampir 1.000 Warga Manggarai Barat Kini Nikmati Listrik 24 Jam

PLN berhasil menambah satu mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 100 kilowatt (KW).
Ilustrasi - PLN mengoperasikan Gardu Induk (GI) Wayame berkapasitas 2 x 30 Mega Volt Ampere (MVA). Istimewa/PLN
Ilustrasi - PLN mengoperasikan Gardu Induk (GI) Wayame berkapasitas 2 x 30 Mega Volt Ampere (MVA). Istimewa/PLN

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Desa Pasir Panjang, Pulau Rinca dan Desa Komodo, Pulau Komodo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kini bisa menggunakan listrik secara maksimal setelah PLN berhasil meningkatkan waktu nyala listrik dari 12 jam menjadi 24 jam.

PLN berhasil menambah satu mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 100 kilowatt (KW). Dengan penambahan mesin pembangkit ini, Desa Pasir Panjang memiliki daya mampu sebesar 160 kW dengan beban puncak sebesar 55 kW, sehingga terdapat cadangan daya sebesar 105 kW.

Sedangkan untuk meningkatkan pasokan listrik di Desa Komodo, PLN menambah dua mesin pembangkit berkapasitas 100 kW. Dengan penambahan mesin ini, Desa Komodo memiliki daya mampu sebesar 300 kW dan beban puncak mencapai 115 kW, sehingga terdapat cadangan daya sebesar 185 kW.

Sebanyak 943 penduduk yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan di kedua desa tersebut, kini bisa menggunakan listrik secara 24 jam untuk memberikan nilai tambah dalam kegiatan ekonomi dan pariwisata di sana.

"Dengan beroperasinya listrik 24 jam, hati masyarakat sekarang bahagia dan yang selama ini merindukan listrik 24 jam menyala sudah tersedia di kedua Desa ini. Sekarang warga bisa membeli pendingin untuk hasil penangkapan ikan. Hasil ikan bisa diolah, karena di Labuan Bajo akan dibangun industri-industri ikan,  intinya listrik ada berarti akan ada perubahan. Apalagi sekarang ada promo tambah daya PLN,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko melalui keterangan tertulis, Senin (27/7/2020).

Dia menambahkan, ini menjadi wujud komitmen PLN untuk terus meningkatkan layanan listrik bagi masyarakat dan mendukung tumbuhnya pariwisata. Harapannya listrik 24 jam ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di Desa Rinca dan Komodo.

Muchtar, Kepala Desa Rinca, mengaku sangat bersyukur dan gembira atas beroperasinya listrik 24 jam di desanya.

“Tentu kami sebagai masyarakat sangat bersyukur, di mana dulu listrik hanya 12 jam dan sekarang sudah 24 jam.  Sekarang sudah bisa melakukan aktivitas di siang hari seperti adanya alat skap kayu listrik, cuci baju pakai mesin, tempat pendingin untuk simpan ikan sangat bermanfaat bagi kami dan ini menunjang perekonomian masyarakat, sekali lagi kami ucapkan terimakasih untuk PLN, masyarakat gembira dengan adanya pengoperasian listrik 24 jam ini," katanya.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula memberikan apresiasi kepada PLN atas peningkatan layanan kelistrikan di Desa Rinca dan Komodo yang kini beroperasi selama 24 jam. Peningkatan jam operasional ini tentu akan mendongkrak geliat pariwisata di pulau tersebut.

Selain mengoperasikan listrik 24 jam, melalui program CSR PLN juga memberikan bantuan mesin pendingin (freezer) untuk Desa Pasir Panjang Pulau Rinca dan Desa Komodo. Selain itu, dilakukan juga penandatangan nota kesepahaman pelatihan pembelajaran listrik dengan SMKN 2 Komodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper