Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Monitoring Impor, PLN Luncurkan E-PLN Kepabeanan

Aplikasi e-PLN Kepabeanan ini menjadi sumber data, serta dashboard kegiatan kepabeanan yang memuat monitoring status kegiatan impor.
Warga melintas di dekat logo Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jakarta, Rabu (12/2/2020)./Bisnis-Himawan L Nugraha
Warga melintas di dekat logo Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jakarta, Rabu (12/2/2020)./Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Guna mendukung kegiatan kepabeanan di lingkungan PLN, dengan sinergi bersama PT Surveyor Indonesia, PLN meluncurkan Aplikasi e-PLN Kepabeanan.

Peresmian aplikasi tersebut dilakukan oleh Direktur Mega Project PLN Ikhsan Asaad dan Direktur Komersial 2 PT Surveyor Indonesia Darwin Abas pada acara Launching e-PLN Kepabeanan melalui video konferensi zoom, Selasa (21/7/2020).

Ikhsan menyampaikan bahwa peluncuran aplikasi e-PLN Kepabeanan merupakan bagian dari transformasi PLN untuk terus berinovasi dengan melakukan digitalisasi pada setiap proses bisnis agar dapat bergerak lebih lincah dan gesit atau dengan kata lain ”Lean”, yang merupakan salah satu fokus utama dalam transformasi PLN.

"Adanya aplikasi e-PLN Kepabeanan ini diharapkan proses, data dan dokumen administrasi kepabeanan yang selama ini terpisah dan tersebar di unit PLN seluruh Indonesia dapat lebih mudah dan lebih cepat diintegrasikan serta dapat dilakukan monitoring secara terpusat," ujar Ikhsan melalui keterangan tertulisnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan kepabeanan di lingkungan PLN perlu adanya monitoring secara internal oleh PLN maupun audit yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai secara periodik 2 tahun sekali untuk memastikan pelaksanaan dan meningkatkan pengawasan agar pengelolaan kepabeanan (custom clearance) tepat waktu dan biaya.

Aplikasi e-PLN Kepabeanan ini menjadi sumber data, serta dashboard kegiatan kepabeanan yang memuat monitoring status kegiatan impor, administrasi kegiatan impor, monitoring pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor, serta evaluasi atas unsur dan elemen yang terkait dengan proses bisnis kepabeanan di lingkungan PLN. Aplikasi ini dapat diakses melalui alamat www.e-plnkepabeanan.pln.co.id.

"Hadirnya aplikasi E-PLN Kepabeanan ini tentunya tidak terlepas dari adanya kerja sama dan sinergi yang baik antara PLN dan Surveyor Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Surveyor Indonesia yang telah menjadi mitra PLN dalam mewujudkan aplikasi ini," kata Ikhsan.

Direktur Komersial 2 PT Surveyor Indonesia Darwin Abas berharap aplikasi ini dapat diimplementasikan dengan baik dan memberikan kemudahan bagi PLN.

"Alhamdulillah aplikasi e-PLN Kepabeanan ini telah dirilis walaupun sempat terkendala dengan situasi pandemi seperti saat ini. Namun, tim telah bekerja dan bersinergi dengan baik sehingga aplikasi ini dapat segera diimplementasikan di lingkungan PLN. Aplikasi ini diciptakan untuk memberikan kemudahan dalam memonitor pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan kepabeanan secara terintegrasi," ujar Darwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper