Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Resesi Singapura, Pengamat: Tak Hanya Penerbangan

Alvin Lie menyebut dampak resesi Singapura tidak hanya pada penerbangan, tetapi bakal meluas ke sektor industri dan keuangan.
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Dampak resesi ekonomi yang dialami Singapura terhadap penerbangan komersial di Indonesia dinilai merupakan pandangan sempit karena efek dominonya cenderung meluas hingga industri perdagangan dan keuangan.

Pemerhati penerbangan yang juga anggota Ombudsman Alvin Lie menuturkan resesi tersebut telah menjadi kekhawatiran untuk seluruh negara di kawasan Asia Tenggara. Apabila Singapura, sebagai negara dengan ekonomi kuat, bisa mengalami resesi, maka kondisi yang lebih buruk juga dikhawatirkan menimpa negara lainnya.

Dia menjelaskan tak hanya soal penerbangan penumpang yang menjadi jembatan keluar-masuk Singapura, tetapi juga posisinya sebagai pusat keuangan di Asia Timur dan Asia Tenggara hingga saat ini masih belum banyak membuka akses dari banyak negara.

"Singapura baru akan membuka akses travel bubble ke Australia, New Zealand, serta Jepang tapi belum realisasi. Membuka akses internasional dan selektif. Hanya negara melakukan tindakan tepat menanggulangi Covid-19. Terlalu sempit mengaitkannya dengan penerbangan," jelasnya, Kamis (16/7/2020).

Menurut Alvin dampak pembukaan akses melalui kerja sama dengan negara-negara tersebut pada mulanya juga belum signifikan mendorong wisata. Penumpang terbang hanya dengan kepentingan mendesak.

Pasalnya saat ini pebisnis masih akan fokus memulihkan bisnis juga masyarakat mengutamakan untuk memulihkan kualitas hidupnya dan belum mempertimbangkan untuk berwisata.

"Untuk penerbangan, dengan kondisi saat ini juga memang pertumbuhannya akan lambat dan butuh waktu butuh waktu cukup lama untuk normal. Murni untuk dinas,pelatihan bukan wisata," imbuhnya.

Di sisi lain, pemerintah Indonesia juga belum membuka akses penumpang dari negara lain masuk indonesia sesuai Permenkumham No. 11/2020 Tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Republik Indonesia yang masih berlaku hingga kini. Kecuali hanya WNI dan penduduk Indonesia yang kembali.

Singapura, pada akhirnya harus mengalami resesi. Sejumlah pengamat menilai, hal tersebut dapat berdampak negatif ke Indonesia.

Seperti diketahui, Singapura merupakan mitra strategis Indonesia terutama di sektor perdagangan maupun investasi. Posisinya sebagai hub ekonomi di Asia Tenggara, sangat mempengaruhi perekonomian negara di kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper