Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KM Ghanda Nusantara 15 Layani Sorong, Daya Angkut 10 Ton Logistik

Kapal Motor (KM) Ghanda Nusantara 15 mulai melayani pelayaran di wilayah Sorong, Papu Barat, dengan daya angkut 10 ton logistik dan 80 penumpang.
KM Ghanda Nusantara 15./Antara-Ernes Kakisina
KM Ghanda Nusantara 15./Antara-Ernes Kakisina


Bisnis.com, SORONG - Kapal Motor (KM) Ghanda Nusantara 15 mulai melayani pelayaran di wilayah Sorong, Papu Barat, dengan daya angkut 10 ton logistik dan 80 penumpang.

M. Takwin Masuku di Sorong, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sorong, mengatakan bahwa KM Ghanda Nusantara 15 merupakan bantuan perhubungan laut atas permintaan Wali Kota Sorong guna melayani transaksi umum masyarakat di wilayah kepulauan.

Dia mengatakan permintaan Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong dua unit kapal, namun baru diwujudkan satu unit. KM Ghanda Nusantara 15 tersebut mampu memuat 10 ton barang dan 80 penumpang.

Menurut dia, KM Ghanda Nusantara 15 telah resmi dioperasikan oleh PT Pelni cabang Sorong yang melayani trayek pendek pusat Kota Sorong menuju Pulau Ram, Pulau Soop, dan Pulau Jefman.

Ia mengatakan kapal tersebut tidak melayani penumpang menuju ke Pulau Doom karena akan mematikan kapal tradisional milik masyarakat setempat.

"Pelayanan pertama selama seminggu adalah pelayanan gratis, selanjutnya akan dibuat tarif bagi penumpang serta barang sesuai trayek pulau yang telah ditentukan," ujarnya, Selasa (14/7/2020), seperti dilaporkan Antara.

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau mengatakan bahwa penduduk Kota Sorong tidak hanya tinggal di satu daratan tetapi menyebar sampai di pulau-pulau kecil yang tentunya membutuhkan transportasi sebagai akses penghubung.

Karena itu, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada Kemenhub kehadiran KM Ghanda Nusantara 15 karena akan memperlancar pertumbuhan ekonomi masyarakat Sorong yang berupa kepulauan.

"Saya berharap trayek kapal ini diatur dengan baik agar tidak mematikan kapal tradisional masyarakat Pulau Doom yang sejak dulu kala memberikan manfaat ekonomi bagi kehidupan masyarakat," tambah dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper