Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shopee Catat Lonjakan Jumlah Pembayaran Digital Selama Pandemi

Shopee menemukan penggunaan opsi pembayaran kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay meningkat cukup tinggi.
Shopee/Shopee
Shopee/Shopee

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan e-commerce, Shopee, melihat adanya lonjakan jumlah pembayaran digital di tengah pandemi Covid-19.

Shopee menemukan bahwa sejak pandemi Covid-19, masyarakat banyak memilih opsi kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay untuk transaksi pembayaran mereka. Tren pilihan pembayaran non tunai ini diperkirakan akan terus berlanjut seiring dengan belum meredanya wabah corona.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan pandemi ini telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara hidup, bekerja, dan berbelanja online di tengah masyarakat.

"Sejalan dengan upaya physical distancing, kami melihat kecenderungan masyarakat dalam menerapkan pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih efektif, dengan dukungan upaya dari pemerintah dalam mendorong langkah ini," ujar Handika, dikutip dari Tempo.co, Selasa (14/7/2020).

Handika mengatakan perusahaan mencatat tiga hasil pengamatan pada tren pembayaran digital di Indonesia. Pertama, 80 persen dari jumlah total pembelian menggunakan pembayaran digital, dilakukan oleh pengguna antara usia 18 hingga 34 tahun. Namun, pengguna yang lebih tua juga mulai mengadopsi metode pembayaran digital saat berbelanja online.

Berdasarkan data Shopee, 45 persen jumlah transaksi menggunakan ShopeePay yang digunakan oleh pengguna Shopee di atas usia 50 tahun. Mengingat pengguna yang lebih tua cenderung lebih sulit untuk beradaptasi dengan pembayaran digital, Handika mengatakan tren ini sekaligus menunjukkan kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan layanan tersebut.

Berikutnya, penerapan pembayaran digital oleh pria lebih tinggi daripada wanita. "Tampaknya pria semakin menghargai kenyamanan dan keamanan dari metode pembayaran digital. Selama setahun terakhir, tercatat pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35 persen lebih tinggi untuk pria dibandingkan wanita," kata Handika.

Temuan lainnya, pembayaran digital lebih umum di perkotaan. Hal ini terlihat para konsumen yang berasal dari kota-kota seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur menerapkan pembayaran nontunai tertinggi.

Handika menduga hal tersebut lantaran kota-kota besar yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Tanah Air memiliki konektivitas yang lebih baik dan infrastruktur teknologi informasi yang lebih maju. Di samping itu, di kota-kota ini juga penetrasi smartphone juga lebih tinggi sehingga berkontribusi pada adopsi pembayaran digital.

"Shopee berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Melalui fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi, ShopeePay, Shopee berusaha memastikan bahwa pengguna dapat berbelanja online dan melakukan pembayaran secara efektif," tutur Handika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper