Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sucofindo Bangkitkan Ekonomi UKM Peternak Sapi Pasuruan di Masa Pandemi

Kepala Unit PKBL Sucofindo Eka Abdullah menyatakan bahwa bantuan ini akan dipantau dan agar penyaluran bantuan tepat sasaran.
Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin. Istimewa
Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin. Istimewa

Bisnis.com, PASURUAN — Sucofindo memberikan bantuan kepada peternakan sapi perah yang juga tergabung sebagai mitra binaan di Pasuruan, Jawa Timur.

“Bantuan ini merupakan komitmen kami sebagai upaya membantu meningkatkan taraf ekonomi, serta mendukung UKM untuk tetap berkarya di masa pandemi, salah satunya untuk mitra binaan kami di sektor peternakan,” kata Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin.

Adapun Bantuan yang diberikan yaitu berupa pinjaman dengan nilai Rp660 juta atau setara dengan 30 ekor sapi perah yang tersalurkan kepada 20 peternak sapi di Pasuruan, Jawa Timur dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan kerja, khususnya standar Physical Distancing.

Selanjutnya, Bachder berharap dengan bantuan yang diterima oleh mitra binaan ini dapat tepat sasaran sehingga dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung usaha para peternak sapi perah.

“Kami pun juga akan memonitor dan evaluasi bagi para peternak, untuk terus mengembangkan usahanya melalui unit PKBL kami,” ujar Bachder.

Senada dengan Bachder, Kepala Unit PKBL Sucofindo Eka Abdullah menyatakan bahwa bantuan ini akan dipantau dan agar penyaluran bantuan tepat sasaran. Oleh karena itu, dalam penyalurannya Sucofindo bekerja sama dengan dengan Koperasi KPSP Setia Kawan Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur.

Penyaluran bantuan ini menurut Eka nantinya juga akan dilaksanakan di beberapa klaster, seperti klaster paternak sapi potong di Boyolali dan Klaten, Jawa Tengah, klaster peternak sapi perah di Kuningan, Jawa Barat, dan klaster peternak sapi di Bogor, Jawa Barat. “Pemilihan wilayah juga telah kami survei sebelumnya oleh Tim PKBL dengan landasan potensi wilayah,” jelas Eka.

Sebelumnya para peternak sapi berkewajiban menyerahkan proposal terlebih dahulu, setelah lolos verifikasi maka Tim PKBL akan melakukan survei lapangan kepada para peternak.

“Laporan hasil survey lapangan nantinya akan diverifikasi oleh tim dan jika lolos mendapat approval mulai penandatanganan komitmen. Usai penyaluran bantuan ini Tim PKBL pun tak luput untuk tetap memonitor dan mengevaluasi. Kami ingin bantuan ini dapat tersalurkan dan dimanfaatkan sesuai dengan usaha mereka,” tutur Eka.

Eka juga menyampaikan bahwa bantuan ini tak hanya fokus di satu sektor peternakan, juga merambahn di sektor lainnya, seperti industri, perdagangan, pertanian dan jasa sesuai dengan potensi yang ada di wilayah masing-masing.

Sebagai komitmen terhadap pegiat usaha, Sucofindo juga telah bekerja sama dengan mitra binaannya dalam memproduksi alat pencegahan Covid-19, seperti pembuatan masker kain, baju hazmat, cairan disinfektan, serta produksi makanan.

Selain itu, Sucofindo dalam upaya membantu dalam mengurangi penyebaran Covid-19, memprioritaskan layanan jasa untuk industri kesehatan, yaitu memberikan pemastian mutu pada peralatan kesehatan dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (Alkes), pengujian pada produk handsanitizer dan cairan disinfektan dan mampu melayani jasa spraying disinfektan di cabang-cabang Sucofindo yang termasuk dalam wilayah redzone.

Sucofindo juga telah membentuk Task Forced, untuk menyusun protokol pencegahan Covid-19 untuk pegawai di area kerja, maupun di area publik.
Satu bentuk implementasinya adalah kewajiban pemakaian masker, dilakukan pengukuran suhu tubuh bagi yang akan memasuki gedung Graha Sucofindo dengan menggunakan thermo gun, menerapkan physical distancing yang salah satunya mengikuti tata cara penggunaan lift yang berjarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper