Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Esaputli Pratama Bakal Bangun Pembenihan Perikanan 20 Hektare

Selain membangun area pembenihan, Esaputli Pratama juga berencana mengembangkan tambak udang vaname.
Benih lobster/Antara-Umarul Faruq
Benih lobster/Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, PARIGI — Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengatakan bahwa salah satu investor yang berinvestasi di kabupaten itu berencana mengembangkan pembenihan perikanan komoditas lobster, udang dan ikan laut.

"Perusahaan PT Esaputli Pratama salah satu investor yang bergerak di bidang budi daya perikanan berencana membangun pembenihan di lahan seluas 20 hektare dan mereka sedang melakukan survei," kata Kepala Bidang Usaha Budidaya Dinas Perikanan Parigi Moutong Made Kornelius, saat rapat pansus pembahasan rancangan perda retribusi di DPRD setempat, Senin (29/6/2020).

Dia menjelaskan bahwa, khusus pembenihan ikan laut, PT Esaputli Pratama bakal mengembangkan ikan kakap putih dan kerapu guna memudahkan masyarakat memperoleh benih.

Selain membangun pembenihan, lanjutnya, perusahaan tersebut juga berencana mengembangkan tambak udang vaname dengan teknologi intensif yang membutuhkan lahan seluas 1.000 hektare.

Menurut Kornelius, jika rencana tersebut terealisasi, dipastikan dapat memberi keuntungan bagi pendapatan daerah.

"Usulan kami di sektor perikanan yang akan dimasukkan dalam raperda retribusi, subsektor perikanan tangkap pungutan retribusi sebesar 1 persen, sedangkan hasil produksi budi daya 0,5 persen," jelasnya.

Dia memaparkan bahwa saat ini daerah telah diberikan kewenangan oleh pemerintah pusat menerbitkan izin terhadap usaha budidaya perikanan.

"Artinya sektor perikanan dapat menjadi sumber pendapatan daerah yang cukup menjanjikan dengan kebijakan kelonggaran itu," tutur Kornelius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper