Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Pak Bas Cetak SDM Infrastruktur Mumpuni

Politeknik PU yang terletak di Semarang hanya membuka program diploma dengan tiga program studi.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu Program Prioritas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada periode 2020-2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya mengandalkan Politeknik PU sejak dua tahun lalu untuk menghasilkan kualitas SDM yang mumpuni. Dia menegaskan, Politeknik PU harus memiliki ciri khas dibandingkan dengan politeknik lain.

"Politeknik PU harus menjadi politeknik yang unik, bukan seperti politeknik kebanyakan," ujarnya dalam sebuah diskusi online bertajuk Tantangan Pembangunan Infrastruktur dan Peran Pendidikan Tinggi Teknik, Sabtu (27/6/2020).

Politeknik PU terbilang uni. Hanya ada program diploma (D3) di kampus ini dengan tiga program studi. Ketiga program studi itu yakni prodi jalan dan jembatan, sumber daya air, dan bangunan gedung.

Dia mengklaim semua proyek yang dikerjakan Kementerian PUPR diajarkan di sana. Walhasil, Menteri Basuki optimistis kalau lulusan Politeknik PU pasti dibutuhkan pasar.

Selain itu, Kementerian PUPR bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mendesain program Master Super Spesialis Bidang PUPR.

Menteri yang akrab disapa Pak Bas ini menyampaikan bahwa program ini akan menggunakan APBN Kementerian PUPR sehingga hanya dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan PNS PUPR yang memiliki keahlian teknis spesifik infrastruktur PU.

Lebih lanjut Program Master Super Spesialis Bidang PUPR mencakup 11 bidang studi seperti Rekayasa Eksplorasi Air Tanah Dalam; Geologi Struktur Bawah Tanah dan Pemanfaatan Ruang Bawah Tanah; Hidrologi dan Drainase pada Sistem Transportasi Jalan, hingga Teknik Mitigasi Bencana Likuifaksi.

Adapun program ini hanya diselenggarakan 18 bulan yang terdiri atas satu semester di kelas dan dua semester akan belajar langsung di lapangan sesuai dengan bidang studi masing-masing.

Untuk diketahui, Politeknik Pekerjaan Umum merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) rintisan baru di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Politeknik ini berada di bawah tanggung jawab Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). 

Lokasi kampus berada di Jl. Prof. Soedharto, SH-Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Praktikum laboratorium selain dilaksanakan di kampus Semarang, bisa akan dilakukan di beberapa laboratorium milik Kementerian PUPR yang ada di Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper