Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi Listrik PLN Turun 10,73 Persen pada Mei, Ini Strategi agar Naik Lagi

PLN menyasar pelanggan eksisting maupun baru untuk meningkatkan konsumsi listrik.
Petugas PLN melakukan pemeriksaan listrik. Istimewa/PLN
Petugas PLN melakukan pemeriksaan listrik. Istimewa/PLN

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (persero) mencatat konsumsi listrik pada Mei 2020 turun 10,73 persen secara tahunan.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN Bob Saril menyebutkan total konsumsi listrik Mei 2020 sebesar 18,63 TWh. Padahal dalam periode yang sama tahun sebelumnya mencapai 19,39 TWh

"Meski demikian kami optimis untuk penjualan kedepannya, penjualan ini kami genjot juga dari berbagai lini, dan melihat saat ini kondisi New Normal yang sudah memberikan sedikit banyak ruang untuk ekonomi lebih bergerak, tentu menjadi angin segar bagi penjualan listrik di sector industry dan bisnis PLN," kata Bob, Sabtu (20/6/2020).

Menurutnya, penurunan konsumsi listrik disebabkan pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tindakan mengalihkan operasi bisnis dari kantor ke rumah ini mengurangi sumber pendapatan PLN.

Bob berharap dengan meningkatnya aktivitas bisnis dalam era new normal maka perlahan konsumsi listrik ikut pulih. PLN sendiri telah menyiapkan sejumlah langkah untuk meningkatkan penjualan New Normal pada 2020 yang meliputi intensifikasi dan ekstensifikasi.

Strategi intensifikasi bertujuan untuk mengoptimalkan pemakaian energi listrik pada pelanggan eksisting dan mempertahankan pelanggan eksisting.

"Strategi ekstensifkasi bertujuan untuk meningkatkan kWh jual dengan melakukan penambahan pelanggan baru termasuk mengakuisi pelanggan yang memiliki captive power dan dedieselisasi," ujarnya.

Selain itu, PLN juga melakukan efisiensi biaya, mencari ceruk pasar baru, optimalisasi layanan berbasis digital melalui New PLN mobile dan  kampanye electrifying lifestyle dan live sales melalui media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper