Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balai Kesehatan Penerbangan Siap Jadi Zona Birokrasi Bersih

BLU Balai Kesehatan Penerbangan (Balai Hatpen) mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada 2020.
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Layanan Umum (BLU) Balai Kesehatan Penerbangan (Balai Hatpen) mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada 2020.

Kepala BLU Balai Hatpen Sri Murani Ariningsih mengatakan pihaknya sudah berkomitmen bersama dan melakukan penandatanganan komitmen dan siap WBBM.

Untuk pencanangan pembangunan ZI menuju WBBM, BLU Balai Hatpen juga mensosialisasikannya kepada para pemangku kepentingan, antara lain, operator penerbangan, sekolah penerbangan, perusahaan pengelola bandara, AirNav Indonesia, dan instansi atau masyarakat yang terkait dengan dunia aviasi.

"Dalam mewujudkan zona integritas menuju WBBM, kami berkomitmen memberikan pelayanan Prima [Profesional, Responsibility, Integritas, Mandiri, Akuntabel] tanpa gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (17/6/2020).

Kepala BLU Balai Hatpen secara intensif memberikan arahan kepada seluruh pegawai, termasuk pegawai pemerintah non pegawai negeri (PNPN). Saat ini, BLU Hatpen memiliki total  karyawan, terdiri dari 22 tenaga medis, 21 tenaga keperawatan, tiga tenaga kefarmasian, empat tenaga kesehatan lingkungan, seorang tenaga keterapian fisik, dua tenaga keteknisian medis, 13 tenaga teknik biomedika, serta 65 tenaga non medis. Dari 110 karyawan itu, 87 orang adalah aparatur negara sipil (ASN) dan 23 PPNPN.

Pada 2020, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menunjuk 51 unit kerja di lingkungannya sebagai percontohan unit kerja dalam Pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/WBBM. Sebanyak 11 unit kerja sudah meraih predikat WBK dan satu unit kerja meraih predikat WBBM, yakni Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok pada 2019.

Di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, pada 2020 ada 16 unit kerja yang diusulkan masuk nominasi menuju WBK/WBBM. Empat unit kerja yang sudah berpredikat WBK, yaitu BLU Balai Hatpen, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali, Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, serta Kantor UPBU Kalimarau Berau, maju untuk ZI menuju WBBM.

Adapun, 12 unit kerja lainnya masuk nominasi untuk WBK. WBK/WBBM merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) kepada suatu unit kerja yang berhasil melakukan pembangunan zona integritas di lingkungan kantornya.

Sejak ditetapkan sebagai BLU pada 2016, Balai Hatpen terus meningkatkan pelayanan, peran, dan fungsinya, untuk mendukung moda transportasi udara di bidang kesehatan penerbangan. Selama tahun 2019, jumlah personel yang melakukan medical examination (medex) sejumlah 26.291 personel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper