Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Paksa Beli Rumah, Ini Saran bagi Milenial di Tengah Pandemi

Milenial yang terdampak Covid-19, tetapi ingin menempati hunian sendiri, lebih baik menyewa sambil menunggu kondisi membaik.
Pekerja beraktivitas di salah satu proyek pembangunan perumahan di Depok, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Pekerja beraktivitas di salah satu proyek pembangunan perumahan di Depok, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembang properti menyarankan kalangan milenial memilih opsi sewa rumah atau apartemen untuk sementara waktu. Saran ini terutama diberikan kepada milenial yang belum mampu secara finansial karena terdampak virus corona baru atau Covid-19.

Associate Director Ciputra Group Sinyo Palealu mengatakan bagi mereka yang belum mampu membeli rumah, maka opsi sewa bisa jadi pilihan bagi kalangan milenial yang ingin memiliki tempat tinggal sendiri.

"Milenial yang sudah stabil penghasilannya pasti lebih suka membeli sekalian berinvestasi, tetapi bagi yang belum stabil pendapatannya, cenderung sewa dulu sampai mereka mampu untuk membeli," ujarnya pada Bisnis, Rabu (17/6/2020).

Menurut dia, kalangan milenial bisa memilih opsi sewa apartemen untuk sementara waktu untuk kemudian membeli rumah jika kondisi ekonomi sudah mulai pulih. Apalagi, kata dia, kecenderungan saat ini banyak generasi milenial khususnya di kota-kota besar yang memilih apartemen untuk tempat tinggal sementara.

Hal ini lantaran lokasi apartemen bisa dicari berdasarkan dekat dengan tempat kerja dan didukung dengan lingkungan yang praktis dan keamanan yang juga lebih terjamin.

"Tetapi ke depan, ketika mereka mulai berkeluarga, maka rumah akan menjadi pilihan yang lebih sehat dan luas bagi anggota keluarga yang tidak beraktivitas atau bekerja di luar rumah," katanya.

Jadi, Sinyo menyarankan bagi milenial yang terdampak corona akan tetapi ingin menempati hunian sendiri lebih baik menyewa sambil menunggu kondisi membaik. Lagi pula, saat ini banyak penawaran menarik yang terkait harga sewa.

Director and Head of Research Savills Indonesia Anton Sitorus sebelumnya mengatakan bahwa segmen milenial menjadi pasar yang cukup prospektif meski preferensi dalam memilih properti bisa beda-beda.

Namun, saat ini ada kecenderungan perbedaan pemikiran dari generasi milenial terhadap generasi sebelumnya dalam kenginan memiliki hunian.

Menurut Anton, generasi sebelumnya cenderung ingin memiliki rumah lantaran sebagai kebutuhan, sedangkan saat ini generasi milenial yang lahir antara tahun 1980-1990 rata-rata tidak selalu ingin memiliki rumah.

Dia mengatakan bahwa saat ini kecenderungan mereka adalah hanya membutuhkan tempat tinggal meskipun tidak harus membeli. Mereka bisa menyewa hunian sehingga yang terpenting adalah kebutuhan akan tempat tinggal terpenuhi.

Dia mengatakan bahwa kaum milenial cenderung memilih lokasi yang dekat dengan tempat kerja, fasilitas umum, dan pusat keramaian. Minat kalangan milenial saat ini lebih ke tengah kota, bukan pinggir kota.

"Karena itulah bagi mereka opsi menyewa pun tidak masalah, asalkan di tengah kota," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper