Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

New Normal dan PSBBT, Jasa Marga Catat LHR 100 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

Volume lalu lintas yang menuju Jakarta ini turun 19 persen dibandingkan dengan LHR Februari 2020
PT Jasa Marga (Persero) Tbk/Istimewa
PT Jasa Marga (Persero) Tbk/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat lalu lintas harian rata-rata (LHR) mencapai 100.400 kendaraan menuju Jakarta melalui arah timur, arah barat dan arah selatan.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk., mengatakan LHR tersebut tercatat selama satu minggu periode new normal dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi khusus di DKI Jakarta yaitu pada periode 8 sampai dengan 14 Juni 2020.

"Volume lalu lintas yang menuju Jakarta ini turun 19 persen dibandingkan dengan LHR Februari 2020," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/6/2020).

Lebih lanjut, jelasnya, untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 43 persen dari arah timur, 33 persen dari arah barat dan 24 persen dari arah selatan.

Lalu lintas (lalin) menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Adapun rincian distribusi lalin yaitu GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 23.258 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 14 persen dari LHR Februari 2020.

Kemudian, GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 20.232 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 30 persen dari LHR Februari 2020.

"Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 23 persen dibandingkan dengan LHR Februari 2020," katanya.

Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Cikupa tercatat sebanyak 33.149 kendaraan, turun sebesar 20 persen dari LHR Februari 2020.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Ciawi 2 tercatat sebesar 23.761 kendaraan, turun sebesar 9 persen dari LHR Februari 2020.

Sebelumnya pada periode PSBB tanggal 13-19 April 2020, Jasa Marga mencatat sebanyak 70.570 kendaraan menuju Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan. Jumlah ini turun sebesar 43 persen jika dibandingkan dengan LHR Februari 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper