Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlangga : 'New Normal Versi Jakarta ya PSBB Transisi'

Aspek kesehatan, sosial, dan perekonomian tidak dipisahkan sehingga upaya menghadapi pandemi perlu memakai jalan tengah.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berbincang dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan (kiri) sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020). Ratas tersebut membahas  kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2021 dan rencana kerja pemerintah tahun 2021. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berbincang dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan (kiri) sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020). Ratas tersebut membahas kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2021 dan rencana kerja pemerintah tahun 2021. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyatakan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi yang diputuskan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan protokol kenormalan baru (new normal).

Dia menilai, aspek kesehatan, sosial, dan perekonomian tidak dipisahkan. Dia menyebut, masa transisi PSBB ala DKI Jakarta tidak jauh berbeda dengan kenormalan baru. 

"New Normal versi DKI Jakarta ya PSBB transisi. Intinya antara keseharan dan sosial ekonomi itu seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan," katanya dalam webinar tentang New Normal yang digelar Lembaga Komunikasi dan Informasi Partai Golkar, Kamis malam (4/6/2020).

Airlangga mengatakan kenormalan baru merupakan bentuk adaptasi manusia terhadap kondisi di saat vaksin virus corona (Covid-19) belum ditemukan. Namun, dia menegaskan aktivitas ekonomi tidak boleh berhenti.

Oleh karena itu, protokol kenormalan baru dilakukan antara lain dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan secara berkala, serta mengonsumsi vitamin untuk menjaga imunitas tubuh.

Ketua Umum Partai Golkar tersebut mengungkapkan pembukaan wilayah dan sektor-sektor ekonomi tetap memperhatikan perkembangan epidemologi, kesiapan kementerian/lembaga serta pemerintah daerah, ketersediaan faskes/alkes, serta kepatuhan masyarakat.

"New normal ini bersifat dinamis. Kami bisa menutup [wilayah] kembali apabila terjadi kasus baru atau second wave di suatu daerah," ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (4/6/2020), mengatakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta dilanjutkan dan dalam masa transisi menuju masyarakat yang aman, sehat dan produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper