Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR: Keran Ekonomi Dibuka, Peringatan Dari Senayan

Berita mengenai pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan anggaran pemulihan ekonomi nasional, antara lain, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (5/6/2020).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan evaluasi PSBB tahap III di DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020)./Dok.PPID
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan evaluasi PSBB tahap III di DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020)./Dok.PPID

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan anggaran pemulihan ekonomi nasional, antara lain, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (5/6/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Keran Ekonomi Dibuka. Komitmen pemerintah pusat untuk kembali memulihkan aktivitas bisnis guna menjaga pertumbuhan ekonomi mendapatkan dukungan dari pengusaha dan pemerintah daerah melalui kebijakan pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Repo Jadi Opsi Lain. Seperti diperkirakan banyak pihak, Otoritas Jasa Keuangan kembali memastikan bahwa tidak akan banyak bank yang akan mengakses bantuan likuiditas melalui program penempatan dana.

Progres Bauran EBT Disorot. Lambannya progres peningkatan bauran energi baru terbarukan menjadi sorotan Badan Pemeriksa Keuangan. Regulasi yang lebih ramah bagi calon investor energi hijau itu pun tengah disiapkan.

Waspadai Manuver Benua Biru. Indonesia harus mewaspadai manuver politis Uni Eropa di tengah tertundanya proses penyelesaian dan perundingan terkait dengan sengketa dagang produk sawit untuk bahan baku biofuel.

Tapera Wajib Libatkan Masyarakat. Pemerintah diminta melibatkan wakil masyarakat dalam pengawasan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat setelah terbitnya Peraturan Pemerintah No. 25/2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat.

Wisata Bali Perlu Napas Panjang. Pelaku industri pariwisata di Bali perlu menyiapkan napas panjang karena Gubernur Bali I Wayan Koster belum akan membuka sektor andalan tersebut untuk umum.

Peringatan Dari Senayan. Pemerintah menghadapi tantangan berat dalam memulihkan ekonomi pascapandemi Covid-19. Selain defisit anggaran yang makin lebar, kalangan legislator di Senayan juga memberikan beberapa catatan untuk program yang menelan dana Rp677,2 triliun ini.

Kesepakatan OPEC+ Terganjal Isu Kepatuhan. Aliansi OPEC+ kembali diguncang oleh perselisihan tentang pelanggaran komitmen anggota memangkas produksi. Masa depan kesepakatan kini berada di persimpangan.

Pelaku IKNB Bisa Dilebur. Perusahaan-perusahaan di sektor industri keuangan nonbank atau IKNB perlu bersiap-siap terhadap kemungkinan adanya peleburan perusahaan di masa mendatang untuk menjaga keberlangsungan industri.

BPR Mulai Andalkan Program APEX. Sejumlah bank perkreditan rakyat (BPR) mulai mengajukan bantuan dana bergulir kepada beberapa bank pembangunan daerah (BPD) melalui program Apex BPR, guna menjaga likuiditasnya di tengah tantangan pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper