Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembang Besar Tetap Persiapkan Ekspansi Proyek Properti

Meski terus melihat dan menunggu situasi, namun pengembang besar terus mempersiapkan ekspansi proyek dengan segala perhitungan yang matang.
Pengunjung mencari informasi mengenai kredit hunian dalam pameran Indonesia Properti Expo 2020 di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi mengenai kredit hunian dalam pameran Indonesia Properti Expo 2020 di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah ketidakpastian ekonomi akibat virus corona atau Covid-19 tak membuat pengembang besar menunda perencanaan terlalu lama lantaran harus tetap bergerak demi perputaran arus kas.

Meski terus melihat dan menunggu situasi, tetapi pengembang besar terus mempersiapkan ekspansi proyek dengan segala perhitungan yang matang.

Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) Hermawan Wijaya mengakui bahwa memasuki kuartal kedua ini menjadi tantangan yang berat bagi pengembang. Namun, pihaknya sudah mengantisipasi hal tersebut.

"Kami sudah antisipasi untuk kuartal kedua karena bertepatan dengan bulan puasa, lebaran dan wabah Covid-19 yang akan menghambat penjualan. Kami harapkan wabah Covid-19 akan cepat teratasi," katanya pada Bisnis.com, Senin (18/5/2020).

Dia mengatakan bahwa ekspansi proyek BSDE kemungkinan bisa dilakukan namun tergantung dari pasar dan seberapa yakinnya wabah corona akan teratasi serta ekonomi dapat pulih. Apalagi, BSDE mengejar marketing sales Rp7,20 triliun sepanjang tahun ini. 

"Persiapan [proyek] tetap kita jalankan," katanya.

Persiapan proyek juga dipersiapkan PT Intiland Development Tbk. Setelah meluncurkan proyek perumahan Talaga Bestari di Tangerang pada April lalu, Intiland tengah memperhitungkan perencanaan lain.

Sekretaris Perusahaan Intiland Theresia Rustandi mengatakan bahwa ada beberapa yang sudah masuk perencanaan dalam peluncuran.  

"Ada beberapa di pipeline, namun kami tetap hati-hati melihat perkembangan situasi dan kondisi," kata dia.

Sementara itu, PT Alam Sutera Realty Tbk., juga terus mempersiapkan produk baru. Alam Sutera akan segera meluncurkan Elevee Penthouses & Residences, sebuah hunian apartemen premium.

Hal ini setelah Alam Sutera berhasil membukukan Rp200 miliar di proyek Elevee Promenade pada April lalu secara daring.

"Dengan keberhasilan Elevee Promenade, maka dapat terlihat bahwa pasar masih antusias untuk investasi properti sehingga dalam beberapa bulan ke depan akan meluncurkan produk lain," kata Direktur Utama Alam Sutera Group Joseph Sanusi Tjong.

Direktur Pusat Studi Properti Indonesia Panangian Simanungkalit mengatakan bahwa pengembangan proyek wajar dilakukan pengembang besar terutama perusahaan terbuka.

Namun, di saat kondisi sekarang dia menyarankan agar pengembangan tersebut lebih baik menyasar segmen pasar kelas menengah di bawah Rp1 miliar.

"Lagi pula dukungan pendanaan mereka cukup baik karena sudah melakukan IPO. Kemudian mereka juga sudah punya jaringan pembeli yang selama ini sudah percaya kepada mereka," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper