Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Sawit Fokus Ke Produk Hilir

Perusahaan kelapa sawit menyebutkan bakal memfokuskan diri pada industri produk hilir pada tahun ini di tengah adanya pandemi virus corona.
Pekerja mengangkat buah sawit yang dipanen di Kisaran, Sumatera Utara, Indonesia./Dimas Ardian - Bloomberg
Pekerja mengangkat buah sawit yang dipanen di Kisaran, Sumatera Utara, Indonesia./Dimas Ardian - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan produsen CPO, PT Mahkota Group Tbk. masih akan menggenjot produk hilirasi sebagai diversifikasi dan fokus bisnis tahun ini.

Sekretaris Perusahaan PT Mahkota Group Tbk. Elvi mengatakan sesuai dengan rencana awal perseroan memang akan fokus pada hilirisasi produk minyak kelapa sawit mentah (CPO). Dia menilai dengan telah beroperasinya pabrik refinery di Riau sejak Maret lalu, akan semakin mendukung rencana tersebut.

"Saat ini pabrik tersebut telah menghasilkan produk RBDPO [refined, bleached, and deodorized palm oil] tetapi belum dalam kapasitas penuh. Kapasitas secara bertahap akan ditingkatkan dan dibarengi dengan produk-produk turunan lainnya," katanya kepada Bisnis, Minggu (17/5/2020).

Pabrik tersebut pada April juga dilaporkan telah menerima order seperti 3.000 ton untuk ekspor keperluan sektor konsumer seperti sabun yang membutuhkan fatty acid. Pabrik ini pun tengah digenjot pada kapasitas penuh atau 1.500 ton per hari.

Di sisi lain, Elvi mengemukakan sesuai data nasional memang terdapat penurunan permintaan terutama dari negara pengimpor CPO terbesar tetapi hal ini juga dapat disubstitusi dengan konsumsi dari dalam negeri yang besar.

Berkaca dari sisi produksi CPO perseroan sendiri, saat ini juga tidak mengalami kendala berarti akibat dari pandemi covid-19 ini, justru pengaruh produksi CPO lebih ke faktor cuaca. 

"Hal itu ditandai dengan meningkatnya produksi CPO perseroan sebesar 10,8 persen pada periode maret tahun ini dibanding dengan tahun lalu periode yang sama," ujarnya.

Adapun pada tahun lalu, perseroan dengan sandi saham MGRO ini berhasil memproduksi CPO 230.000 ton atau naik 2 persen dibanding periode 2018. Tahun ini produksi CPO diproyeksi tidak akan jauh berbeda.

Produsen CPO lain, PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. juga merencanakan fokus hilirisasi bisnis dengan mengoptimalkan produksi dari penyulingan untuk menangkap pasar ekspor.

Rencana itu akan direalisasikan dengan menambah pabrik biogas. Sayanganya, adanya pandemi covid-19 dinilai akan cukup mengubah berbagai rencana awal perseroan.

"Karena kami ada perubahan budget menyesuaikan dengan Covid-19 ini makanya kami belum bisa sampaikan sekarang," kata Sekretaris Perusahaan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. Swasti Kartikaningtyas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper