Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laris Manis! Pelatihan Ruangguru Paling Banyak Dipilih Peserta Kartu Prakerja

Berdasarkan jumlah pelatihan yang dipilih oleh peserta, paling banyak dari Ruangguru, yaitu sebanyak 62.184 pelatihan. Kemudian disusul oleh Sisnaker sebanyak 11.169 pelatihan dan Bukalapak sebanyak 8.466 pelatihan.
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatihan Kartu Prakerja telah berjalan dan dibuka pendaftarannya sejak pertengahan April lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pada konferensi pers secara live streaming, Jumat (8/5/2020), mengungkapkan jumlah total peserta Program Kartu Prakerja mencapai 456.265 orang dan dana yang sudah dicairkan pun senilai Rp1,62 triliun.

Secara total, jumlah pelatihan yang dipilih peserta tercatat 106.912 pelatihan.  Berdasarkan jumlah pelatihan yang dipilih oleh peserta, paling banyak dari Ruangguru, yaitu sebanyak 62.184 pelatihan. Kemudian disusul oleh Sisnaker sebanyak 11.169 pelatihan dan Bukalapak sebanyak 8.466 pelatihan.

"Jumlah pelatihan yang paling banyak diminati ada 8 platform. Ini bukan jumlah platform yang dibayar, tetapi berapa konten yang diakses oleh para peserta Kartu Prakerja," ujar Sri Mulyani.

Menkeu juga menyebutkan pelatihan yang diikuti memiliki harga termurah Rp24.000 dan telah diambil oleh 42 orang. Sementara, untuk harga pelatihan termahal Rp1 juta dan dibeli oleh 22.000 orang.

Pelatihan paling diminati adalah Bahasa Inggris untuk Grammar dan TOEFL, yang dibeli oleh 6.834 orang.

Ruangguru sendiri telah memicu perbincangan di masyarakat. Kehadirannya di program Kartu Prakerja sempat dikait-kaitkan dengan posisi founder-nya Adamas Belva Syah Devara sebagai stafsus milenial Presiden Jokowi.

Tuduhan konflik kepentingan yang diarahkan oleh sejumlah pihak membuat Belva mundur dari jabatannya sebagai stafsus.

“Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020,” katanya dalam keterangan resmi kepada media, Selasa (21/4/2020).

Belva menjelaskan bahwa Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartutan Staf Khusus Presiden Joko Widodo sebagai buntut polemik Kartu Prakerja dan Ruangguru.

Sebagaimana diketahui, Belva diterpa isu konflik kepentingan Kartu Prakerja (PMO) telah menyatakan bahwa proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Berikut lima besar platform yang paling diminati peserta :

Platform

Jumlah Pelatihan yang Dipilih

Ruangguru

62.184

Sisnaker

11.169

Bukalapak

8.466

Pintaria

6.529

Tokopedia

6.356

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper