Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belum Dapet Gratis dan Diskon Listrik Di Bulan Mei? Ini Caranya

Bagi pelanggan PLN listrik prabayar, layanan listrik gratis dan diskon 50 persen ini bisa didapatkan dengan dua langkah mudah, yakni lewat situs www.pln.co.id dan WhatsApp ke nomor 08122-123-123.
Warga memeriksa meteran listrik prabayar di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga memeriksa meteran listrik prabayar di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) masih memberikan token listrik gratis bagi pelanggan daya 450 VA pra bayar dan tagihan listrik gratis bagi pelanggan 450 VA pasca bayar di bulan Mei ini. 

PLN juga masih menyediakan token listrik diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubsidi pra bayar dan diskon listrik 50% bagi pelanggan 900 VA bersubsidi pasca bayar. 

Untuk diketahui, pemerintah pada akhir Maret lalu memberikan stimulus listrik berupa listrik gratis untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50% pelanggan 900 VA bersubsidi yang bertujuan meringankan beban pelanggan dari dampak ekonomi dari virus corona (Covid-19). Kebijakan stimulus listrik ini akan berlaku pada periode April, Mei, dan Juni 2020.

Bagi pelanggan PLN listrik prabayar, layanan listrik gratis dan diskon 50 persen ini bisa didapatkan dengan dua langkah mudah, yakni lewat situs  www.pln.co.id dan WhatsApp ke nomor 08122-123-123.

Berikut ini caranya mendapatkan token listrik gratis via website PLN atau PLN online :

1. Pelanggan dapat mengakses situs resmi pln di www.pln.co.id.

2. Masukan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian & identitas pelanggan yang tampil pada layar.

3. Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan.

4. Setelah token listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter

Kompensasi listrik gratis atau diskon diterima pelanggan dalam bentuk token yang akan diberikan setiap bulan pada bulan April, Mei, dan Juni 2020. 

Selain melalui situs resmi PLN juga dapa melalui whatsApp untuk mendapatkan listrik gratis maupun diskon listrik dengan cara:

1. Hubungi PLN via WhatsApp melalui nomor 08122123123.

2. Pelanggan dapat memulai perbincangan dengan mengetik keyword Listrik Gratis Masukan id pelanggan atau nomor meter sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar.

3. Token listrik gratis akan tampil di layar.

4. Token listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

Dalam Instagram resmi PLN, bagi pelanggan 450 VA pasca bayar akan mendapatkan listrik gratis alias tidak membayar tagihan listrik periode April hingga Juni 2020. 

Untuk token listrik gratis dari PLN terhadap pelanggan 450 VA prabayar akan diberikan sesuai pemakaian rerata kWh (kilo watt hour) meter tertinggi dalam 3 bulan terakhir yakni dari Desember 2019 - Februari 2020. 

Sementara itu, untuk pelanggan 900 VA, akan diberikan diskon listrik gratis senilai 50 persen langsung dipotong pada tagihan pelanggan yang meliputi biaya pemakaian dan biaya beban untuk periode April sampai Juni.

Untuk pelanggan pra bayar 900 VA akan diberikan diskon 50 persen token listrik dari kWh meter tertinggi dari rerata pemakaian 3 bulan terakhir yakni Desember 2019 hingga Februari 2020. 

Saat ini, pemerintah baru memberikan stimulus keringanan listrik oleh pemerintah untuk daya 450 VA sebanyak 23,86 juta pelanggan dan daya 900 VA bersubsidi sebanyak 7,3 juta pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper