Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Pandemi Virus Corona, Rumah Murah Jabodetabek Masih Diburu

Portal jual beli properti Lamudi mencatat bahwa selama kuartal I/2020 daerah yang paling banyak dicari orang untuk membeli rumah murah adalah kawasan Jabodetabek
Foto udara perumahan di kawasan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020). Bisnis/Rachman
Foto udara perumahan di kawasan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA— Rumah murah di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) masih memiliki daya pikat kendati di tengah pandemi virus corona.

Portal jual beli properti Lamudi mencatat bahwa selama kuartal I/2020 daerah yang paling banyak dicari orang untuk membeli rumah adalah kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Berdasarkan pencarian di sejumlah situs daring jual beli properti, kekinian pengembang berlomba-lomba memasarkan portofolio proyeknya dengan segmen harga tersebut untuk menyasar kalangan menengah hingga menengah ke bawah.

Maka, tak heran jika pengembang gencar membangun proyek di sana dengan harga terjangkau bagi sebagian kalangan. Segmen hunian dengan harga di bawah Rp500 juta pun menjadi sasaran utama pemasaran para pengembang.

Hal itu dilakukan pula oleh PT Ciputra Development Tbk. (CTRA). Direktur Marketing Ciputra Residence, Yance Onggo mengatakan pihaknya memiliki klaster khusus segmen kelas menengah dan bawah di Tangerang. Kendati berada di pinggiran Jakarta, dia mengembangkan kawasan terpadu sehingga kawasan permukiman telah dilengkapi fasilitas setara kota baru.

Sementara itu, Ciputra Group memiliki proyek Citra Maja Raya dengan harga mulai dari Rp183 juta dan Citra Raya Tangerang yang dipasarkan mulai dari Rp326 juta. 

"[Harga per unit] di bawah Rp500 jutaan proyek kami Citra Maja Raya, sementara segmen harga Rp500 jutaan kami fokus kembangkan di Citra Raya Tangerang," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (8/5/2020).

Pengembang PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) menawarkan hunian Modernland Cilejit di Tangerang mulai dari Rp183 juta terdiri dari 1 kamar tidur, luas bangunan 22 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Tahun lalu, tahap pertama pemasaran Modernland Cilejit habis terjual habis 2.000 unit. 

Tahun ini, Modernland kembali memasarkan tahap ketiga kota baru Modernland Cilejit berkonsep transit oriented development (TOD).

Bergeser ke Bekasi, PT Lippo Cikarang menawarkan Waterfront Estate Tipe Courtyard Pavilion seharga Rp488 juta yang terdiri 2 kamar tidur dengan luas bangunan 35 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

Bos Lippo John Riady sebelumnya menyatakan bahwa Lippo Cikarang, telah meluncurkan proyek perumahan tapak terbaru Waterfront Estates untuk klaster kedua setelah klaster pertamanya telah ludes terjual.

Lippo Cikarang mengklaim keunggulan proyek ini adalah konsep hunian yang dinamis dengan pemanfaatan tata ruang yang maksimal dan fungsiona serta berada di kawasan dengan pengembangan infrastruktur yang baik dengan lintasan proyek transportasi yang dikembangkan pemerintah.

Di Bogor, PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA) menawarkan proyek siap huni Metland Cileungsi dengan dua tipe baru yang dipasarkan mulai dari Rp375 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper