Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Bongkar Muat TPK Belawan Tumbuh Tipis

Realisasi arus bongkar muat di TPK Belawan untuk triwulan I/2020 setidaknya masih menunjukkan pertumbuhan yang positif.
Suasana bongkar muat kapal kontainer di Terminal Multiguna Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, Kamis (27/12). PT Pelabuhan Indonesia I melepas kargo ekspor  perdana di terminal tersebut dengan kapal Wan Hai 505, membawa 180 TEUs kargo ekspor tujuan China./Bisnis-Abdullah Azzam
Suasana bongkar muat kapal kontainer di Terminal Multiguna Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, Kamis (27/12). PT Pelabuhan Indonesia I melepas kargo ekspor perdana di terminal tersebut dengan kapal Wan Hai 505, membawa 180 TEUs kargo ekspor tujuan China./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mencatatkan realisasi bongkar muat barang di TPK Belawan selama periode kuartal I/2020 sebesar 3,6 juta ton di terminal internasional dan domestik yang naik 0,36 persen dibandingkan dengan pada periode yang sama pada tahun lalu sebesar 3,47 juta ton.

General Manager TPK Belawan Indra Pamulihan menjelaskan peningkatan arus bongkar muat di TPK Belawan untuk triwulan I/2020 setidaknya masih menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Selama periode Januari hingga Maret 2020, trafik bongkar muat di TPK Belawan cenderung mengalami peningkatan untuk di terminal domestik, sedangkan untuk terminal internasional sedikit menurun pada Februari tetapi mulai meningkat kembali pada Maret.

"Kami optimis ke depannya trafik bongkar muat peti kemas di TPK Belawan akan menunjukkan tren positif,” terangnya melalui keterangan resmi, Jumat (1/5/2020).

Sementara itu,  Pelindo juga mencatat arus kunjungan kapal selama Januari hingga Maret pada 2020 sebanyak 218 call yang meliputi terminal internasional dan domestik.

Sementara itu bongkar muat barang petikemas selama periode Triwulan I tahun 2020 sebanyak 211.026 box.

Angka ini mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 yakni 208.843 box yang merupakan jumlah bngkar muat peti kemas di dua cabang yakni Belawan International Container Terminal (BICT) dan Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB).

Realisasi bongkar muat tersebut setara dengan 267.456 TEUs yang tumbuh meningkat dibandingkan Triwulan I – 2019 yang sebesar 265.975 TEUs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper