Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusun Unsil Tasikmalaya Jadi Tempat Karantina Perawat Covid-19

Saat ini ada sekitar 38 perawat termasuk tim farmasi dari Rumah Sakit Islam Hj. Siti Muniroh di Tasikmalaya yang telah menghuni rusun ini.
Rusun mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya./Kementerian PUPR
Rusun mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengalihfungsikan sementara rumah susun mahasiswa Universitas Siliwangi di Tasikmalaya, Jawa Barat untuk menjadi tempat karantina bagi para perawat yang menangani pasien Covid-19.

“Pada awalnya kami menyiapkan rusun mahasiswa Universitas Siliwangi ini untuk isolasi pasien Covid-19 sesuai dengan permintaan anggota DPR Komisi V dan Wali Kota Tasikmalaya. Namun, pada akhirnya permintaan kebutuhan beralih menjadikan rusun ini tempat untuk karantina untuk para perawat,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat Ridwan Dibya Sudartha melalui siaran pers, Rabu (29/4/2020).

Ridwan menerangkan bahwa sebelumnya bangunan vertikal yang memiliki 43 unit hunian tersebut akan digunakan untuk masyarakat di Tasikmalaya yang mengidap Covid-19 baik yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) maupun orang dalam pemantauan (ODP).

SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat, imbuh Ridwan, juga telah menyiapkan beberapa fasilitas pendukung sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 di rusun tersebut. Pihaknya berharap supaya rusun ini dapat digunakan secara maksimal sehingga dapat membantu pemerintah daerah Tasikmalaya dalam penanganan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Jawa Barat.

Rusun Mahasiswa Universitas Siliwangi di Tasikmalaya dibangun oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat Ditjen Perumahan sebanyak satu menara pada tahun lalu.

Rusun setinggi tiga lantai tersebut memiliki hunian sebanyak 43 unit kamar yang terdiri dari 41 unit hunian reguler dan 2 unit kamar hunian khusus penyandang cacat yang berada di lantai dasar.

"Rusun tersebut memiliki luas bangunan 1.963 meter persegi berjumlah tiga lantai dan 43 unit hunian. Setiap unit dapat dihuni sekitar dua orang sehingga daya tampung Rusun ini sekitar 86 orang."

Rusun mahasiswa Unsil sudah dikelola oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya. Saat ini ada sekitar 38 perawat termasuk tim farmasi dari Rumah Sakit Islam Hj. Siti Muniroh di Tasikmalaya yang telah menghuni rusun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper