Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimalkan Pesawat, Citilink Indonesia Angkut Kargo

Dalam rangka menjaga kebersihan dan sterilisasi kabin pesawat, Citilink juga melakukan desinfeksi armada yang digunakan setiap harinya sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Citilink Indonesia melakukan kegiatan disinfeksi pesawat untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19)./Dok. Istimewa
Citilink Indonesia melakukan kegiatan disinfeksi pesawat untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19)./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Citilink Indonesia mengoptimalkan utilitas pesawat dengan melayani pengiriman kargo baik untuk rute domestik maupun internasional menyusul larangan penerbangan penumpang dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Direktur Utama Citilink Juliandra mengatakan telah mengoperasikan penerbangan kargo secara penuh untuk membantu kelancaran proses distribusi logistik di berbagai wilayah.

Adapun, lanjutnya, layanan pengiriman kargo ini dilakukan melalui penerbangan kargo charter maupun reguler setiap harinya dengan menghubungkan ke berbagai kota diantaranya Medan, Banjarmasin, Pontianak, Makassar. Selain itu juga dengan jadwal-jadwal tertentu ke kota Manado, Balikpapan, Batam, Pekanbaru, Surabaya, Denpasar, Padang, Palembang, Kupang serta rute internasional ke Singapura dan kota-kota di China.

"Armada yang digunakan untuk mengangkut kargo ini adalah pesawat jenis Airbus A320 dengan kapasitas angkut kargo sebesar 15 ton dan Airbus A330 dengan kapasitas angkut kargo sebesar 24 ton," jelasnya melalui keterangan resmi, Senin (27/4/2020).

Pihaknya menjelaskan dalam rangka menjaga kebersihan dan sterilisasi kabin pesawat, Citilink juga melakukan desinfeksi armada yang digunakan setiap harinya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Adapun, proses desinfeksi dilakukan di area kabin maupun kompartemen untuk memastikan aspek kebersihan pada pesawat sehingga armada tetap higienis ketika melakukan pengiriman logistik ke berbagai daerah.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah mengatur agar pesawat konfigurasi penumpang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan membuka peluang pesawat dengan konfigurasi penumpang untuk dapat digunakan mengangkut kargo dalam kabin penumpang. Pemerintah memberikan dukungan bagi maskapai untuk melancarkan aktivitas logistik, distribusi kebutuhan bahan pokok pangan, hingga pasokan medis.

Kemenhub telah menerbitkan Surat Edaran No. 17/2020 tentang pesawat konfigurasi penumpang yang digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang. Dalam hal ini pesawat dengan konfigurasi penumpang yang digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin  tidak dapat digunakan untuk pengangkutan yang bersifat kombinasi (penumpang dan kargo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper