Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Perikanan Dari Batam ke Singapura Tetap Lancar

Kegiatan ekspor tetap berjalan meski kebijakan circuit breaker atau karantina wilayah sudah berjalan sejak 31 Maret 2020 di Singapura.
Nelayan melakukan aktivitas di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Himawan L. Nugraha
Nelayan melakukan aktivitas di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Himawan L. Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Aktivitas ekspor hasil perikanan dari Kota Batam, Kepuluan Riau, ke Singapura tetap normal di tengah pandemi virus corona.

Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Batam Anak Agung Gede Eka Susila ekspor perikanan Batam masih berjalan baik.

"Di tengah keprihatinan bersama dengan adanya wabah Virus Corona seperti sekarang ini, Alhamdulillah ekspor hasil perikanan Batam masih berjalan dengan baik," katanya, Kamis (23/4/2020).

Dia menyatakan kegiatan ekspor tetap berjalan meski kebijakan circuit breaker atau karantina wilayah sudah berjalan sejak 31 Maret 2020 di Singapura.

Pihaknya mencatat volume ekspor hasil perikanan dari Januari sampai dengan 22 April 2020 sebesar 2.080.655 kg untuk komoditi mati dan 274.664 ekor untuk komoditi hidup dengan nilai Rp205,62 miliar.

Aktivitas Ekspor dari Batam dengan tujuan Singapura itu melalui dua Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Sagulung dan Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Belakang Padang.

Agung sempat melepas ekspor bersama hasil perikanan Batam di Depo Peti Kemas PT Sinindo Express Batam, Rabu (22/4).

"Kami dari BKIPM-Batam KKP melepas ekspor bersama hasil perikanan Batam dengan tujuan ke tiga Negara yaitu Jepang, China dan Singapura," katanya.

Volume hasil perikanan yang diekspor sebesar 60.733 kg komoditi mati dan 3.945 ekor komoditi hidup dengan nilai Rp2,177 miliar. Hasil perikanan tersebut berasal dari 8 Unit Pengolah Ikan di Batam.

Agung menambahkan, perikanan yang diekspor di antaranya Dried Shrimp Shell Meal (Food Grade) dan Valueadded Breaded Shrimp tujuan Jepang, Dried Seaweed tujuan China, Sirip Hiu Kering tujuan Singapura melalui Pelabuhan Batu Ampar.

Sementara itu, untuk jenis komoditi segar di antaranya ikan kerapu, tenggiri, kakap merah, ekor kuning, kaci, brownstripe snapper, bawal hitam, dingkis, talang, selar, kurisi, ikan kembung, ikan sebelah dan udang vanamei.

Adapun untuk komoditi hidup di antaranya kepiting, rajungan, Kerang, gong gong, betutu, udang belalang, lobster air tawar.

Agung menegaskan, akan terus melakukan upaya menggenjot kinerja ekspor hasil perikanan di Batam dengan menjemput bola dan berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelaku usaha di bidang perikanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper