Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Dua Dibuka

Setelah mengalami penundaan satu hari, pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang dua akan dibuka pada hari ini, Selasa (21/4/2020).
Ilustrasi - Kartu Prakerja/ANTARA
Ilustrasi - Kartu Prakerja/ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah mengalami penundaan pada Senin (20/4/2020)), pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua akan dilakukan pada hari ini, Selasa (21/4/2020). Para calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui laman www.prakerja.go.id.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan penundaan ini sejalan dengan mundurnya pengumuman seleksi peserta yang akan masuk pada gelombang pertama.

Dalam hal ini, Panji mengatakan kuota untuk pendaftar yang diterima pada gelombang kedua nantinya akan sama dengan gelombang pertama yaitu sebanyak 200.000 orang.

“Sampai saat ini, belum ada penambahan dari 200.000 per minggunya.  Masih terus dievaluasi dan kami harus pastikan layanan tidak terkendala jika kuota ditambah,” kata Panji, Senin (20/4/2020).

Panji mengatakan untuk peserta yang tidak lolos pada gelombang pertama, nantinya akan diseleksi lagi pada gelombang kedua tanpa melalui prosedur awal lagi.

“Jadi kami mendahulukan peserta yang telah didata dan diusulkan masing-masing kementerian sektor terdampak,” ujarnya.

Terkait dengan program ini, sebetulnya efektivitas pelatihan dalam program kartu prakerja masih disanksikan oleh serikat pekerja.

Pasalnya, ditengah wabah Covid-19 pemerintah bersikukuh tetap menyelanggarakan pelatihan meski pelatihan tersebut belum dibutuhkan oleh para korban PHK dan pekerja yang dirumahkan akibat COVID-19.

Belum lagi harga yang dipatok oleh platform  mitra prakerja tersebut cukup mahal dibandingkan platform lain yang bahkan menyediakan secara gratis.

Menanggapi hal itu, dia mengatakan jenis pelatihan maupun harga yang ditetapkan sepenuhnya berada di tangan mitra penyelenggara pelatihan Kartu Pekerja.

"Ada ribuan jenis pelatihan disediakan oleh lebih dari 200 lembaga pelatihan melalui delapan mitra platform digital. Mereka bersaing untuk memberikan layanan dan produk dengan harga terbaik," jelas Panji.

Menurut Panji, terlepas dari harga, peserta diberikan kebebasan memilih pelatihan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper