Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aneka Gas Industri Pasok 85 Persen Kebutuhan Gas Medis

Sejauh ini perseroan telah memasok sekitar 80 persen - 85 persen kebutuhan gas medis di Indonesia.
Direktur Utama PT Aneka Gas Industri Tbk. Rachmat Harsono./JIBI-Endang Muchtar
Direktur Utama PT Aneka Gas Industri Tbk. Rachmat Harsono./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, SURABAYA - PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) optimistis mampu memasok kebutuhan gas medis seperti oksigen, nitrous oxide dan helium guna mendukung penanganan kesehatan dalam kasus wabah virus corona atau Covid-19.

Direktur Utama AGII Rachmat Harsono mengatakan perseroan saat ini memiliki 44 pabrik dan 104 filling station yang tersebar di 26 provinsi, serta jaringan pemasok. Untuk itu, kebutuhan gas untuk medis yang diproduksinya masih aman untuk memenuhi seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia.

"Kami mengerahkan segala upaya untuk menanggapi meningkatnya kebutuhan oksigen dan gas medis di fasilitas kesehatan, termasuk juga industri penting," katanya, Kamis (9/4/2020).

Adapun hingga kini perseroan telah memasok sekitar 80 persen - 85 persen kebutuhan gas medis di Indonesia

Dia menjelaskan agar kebutuhan gas medis terpenuhi, perseroan juga telah melakukan pengadaan silinder gas medis yang baru untuk daerah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.

"Kami juga mempersiapkan aset portabel untuk melayani kebutuhan oksigen baik di rumah sakit maupun di rumah, termasuk menyediakan layanan instalasi infrastruktur gas medis maupun layanan penyediaan peralatan kesehatan bagi pelanggan yang membutuhkan," ujarnya.

AGII, katanya, juga memastikan bahwa proses produksi gas perusahaan berjalan dengan aman sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) melalui proses Quality Control internal yang sangat ketat sebelum dikirimkan ke pelanggan.

Selain itu, perseroan juga mempraktikkan prosedur safe hygiene atau kebersihan dan sanitasi bagi anggota tim, karyawan, dan mitra, serta memperbolehkan karyawan dengan fungsi jabatan tertentu untuk bekerja dari rumah (Work-From-Home/WFH) dalam rangka mendukung tujuan pemerintah untuk meratakan kurva wabah.

"Jadi seluruh produk-produk Aneka Gas Industri dijamin bebas dari paparan terhadap Covid-19, karena kami juga mengikuti pedoman pdnanganan silinder medis yang terkontaminasi eksternal dalam situasi pandemi yang disediakan oleh Asosiasi Industri Gas Asia (AIGA)," jelasnya.

Dalam startegi pemasaran, perseroan proaktif berkomunikasi dengan pelanggan medis, khususnya rumah sakit yang paling banyak membutuhkan oksigen, melalui spesialis di setiap wilayah.

AGII sendiri juga merupakan distributor peralatan kesehatan seperti ruang operasi modular (Modular Operating Theatre), ventilator, infrastruktur tabung pneumatik, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper