Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Properti Sewa Potensial di Lokasi Tertentu

Jika lokasinya berdekatan dengan pusat aktivitas yang sifatnya operasional seperti pabrik, dan rumah sakit, hunian sewa akan menjadi opsi yang lebih baik sebagai tempat tinggal sementara.
Sejumlah gedung bertingkat di Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis/Abdurachman
Sejumlah gedung bertingkat di Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar properti sewa mengalami penurunan tajam sepanjang kuartal pertama 2020. Namun, properti sewa dinilai bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika lokasinya berada di pusat aktivitas.

Managing Partner Residential Group Coldwell Banker Commercial Alvin Alexander mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada perkiraan pasti terkait seberapa besar penurunan yang terjadi di pasar properti sewa.

Akan tetapi, sudah banyak kasus pembatalan sewa baik dari agen perjalanan, perusahaan, maupun agen travel daring sehingga menekan kinerjanya sepanjang kuartal pertama 2020.

“Untuk sewa hunian per hari atau jangka pendek, dari agen perjalanan sudah banyak cancel dan tidak melakukan reschedule, sedangkan untuk tamu yang long stay terutama dari Jepang dan China masih tetap stay karena untuk balik ke negararanya pun mereka tidak berani,” ungkapnya saat dihubungi Bisnis, Senin (6/4/2020).

Alvin melanjutkan para tamu atau ekspatriat yang tinggal jangka panjang bisa membuka potensi bagi pasar properti sewa. Adapun, pasar properti sewa dinilai bisa menjadi pilihan yang lebih baik daripada membeli hunian, tapi tetap tergantung pada lokasi huniannya.

Menurutnya, jika lokasinya berdekatan dengan pusat aktivitas yang sifatnya operasional seperti pabrik, dan rumah sakit, hunian sewa akan menjadi opsi yang lebih baik sebagai tempat tinggal sementara.

Sementara itu, dengan kondisi yang ada sekarang, menurut riset Coldwell Banker Commercial, belum ada penurunan harga melebihi batas bawah dari pemilik properti atau operator.

Hal ini dikarenakan manajemen mempertimbangkan biaya operasional yang semestinya tetap bisa teratasi.

Selanjutnya, Coldwell Banker Commercial juga belum bisa memproyeksikan pasar ke depan mengingat potensi kerusakan pada pasar akibat wabah Covid-19 ini tak bisa terbaca berdasarkan historis maupun dari siklus properti.

“Biasanya, tren positif apartemen sewa bertepatan dengan momentum ekspatriat banyak melakukan bisnis pada kuartal kedua 2020, sedangkan saat ini, kami belum melihat adanya kebangkitan market sewa untuk kuartal kedua 2020 mendatang.” 

Ke depan, untuk tetap menjaga keterisian dan transaksi dengan konsumen, Alvin merekomendasikan agar pemilik properti tetap memperhatikan kondisi steril dan bersih pada properti yang dimiliki atau dikelola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper