Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Corona, IAP Pastikan Perencanaan IKN Tetap Jalan

Yang saat ini terpaksa tertunda dalam perencanaan IKN antara lain dari segi penyusunan aturan dasar hukumnya.
Konsep Ibu Kota Negara./Antara
Konsep Ibu Kota Negara./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Meski diterpa wabah corona, perencanaan pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur dipastikan tetap berjalan.

Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP) Andy Simarmata mengatakan bahwa sampai saat ini proses studi dan perencanaan ibu kota negara (IKN) terus berjalan.

“Karena physical distancing aja jadi survei di lapangan di-hold dulu, tapi proses pengolahan datanya mungkin terus dilakukan, enggak ada masalah itu dari jarak jauh,” ungkapnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (2/4/2020).

Adapun, yang saat ini terpaksa tertunda dalam perencanaan IKN antara lain dari segi penyusunan aturan dasar hukumnya.

Andi menyebutkan bahwa Rancangan Undang-Undang IKN masih digodok di DPR, sedangkan dengan kondisi seperti sekarang ini pengesahan tidak memungkinkan.

“Yang ditunggu itu Presiden kan maunya cepat, terus biasanya ada ground breaking, cuma karena belum ada legal basic-nya ya, enggak bisa mulai. Lalu DPR enggak bisa paripurna dan pengesahan UU IKN. Ini juga berpotensi menghambat,” jelasnya.

Andy mengatakan bahwa awalnya dasar hukum seharusnya bisa rampung pada semester pertama tahun ini. Namun, lantaran ada wabah Covid-19, diperkirakan akhir Mei baru akan ada pembicaraan lagi. Jika dasar hukum sudah selesai dibuat, baru pemerintah kementerian bisa mulai melakukan simbol pembangunan.

“Kalau sudah ada ketetapan hukum baru bisa mulai, misalnya, ground breaking atau pembangunan infrastruktur jalan, atau waduk air. Namun, kalau untuk sekarang kayaknya masih belum bisa,” kata Andy.

Selain itu, pengembangan IKN juga masih harus menunggu studi dari hasil sayembara aristek dan perencanaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang nantinya dikoordinasikan antara kementerian terkait.

“Masih ada beberapa juga yang belum disusun, seperti aturan terkait tata ruangnya juga belum siap, baru mau disusun tahun ini. Jadi, mungkin paling baru selesai akhir tahun,” ujarnya.

Meskipun ada wabah corona dan physical distancing, katanya, hal itu tidak akan benar-benar menyetop perencanaan pembangunan IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper