Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKP Pastikan Pelabuhan Perikanan Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19

KKP memastikan protokol pencegahan virus corona diterapkan di 31 pelabuhan pusat dan perintis serta UPT daerah di 34 provinsi.
Nelayan menimbang ikan hasil tangkapan di Pelabuhan Ikan Muara Angke, Jakarta, Senin (8/5)./Antara-Aprillio Akbar
Nelayan menimbang ikan hasil tangkapan di Pelabuhan Ikan Muara Angke, Jakarta, Senin (8/5)./Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan aktivitas di pelabuhan perikanan berjalan sesuai protokol pencegahan virus corona melalui program siaga nelayan, guna memberikan pelayanan terbaik kepada nelayan dan pelaku usaha.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP M Zulficar Mochtar penyemprotan disinfektan terus dilakukan di fasilitas pelabuhan perikanan.

"Tidak hanya pada fasilitas di lingkungan pelabuhan perikanan, namun juga pada kendaraan yang keluar masuk area pelabuhan perikanan," katanya.

Menurutnya, seluruh hal tersebut termasuk program siaga nelayan, yang merupakan rangkaian bulan bakti peduli nelayan yang kali ini dilakukan di tiga lokasi yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhan Ratu, PPN Kejawanan, dan PPN Pengambengan.

Adapun, kegiatannya meliputi bakti sosial, bakti usaha, dan bakti sehat nelayan. Zulficar mengatakan lokasi difokuskan pada pelabuhan perikanan sebagai tempat pelayanan dan aktivitas perikanan tangkap.

Kegiatan ini terus dilakukan di 31 pelabuhan pusat dan perintis serta UPT daerah di 34 provinsi.

Bakti sosial ini berupa pembuatan fasilitas cuci tangan lengkap dengan sabun antiseptik sederhana untuk nelayan dan awak kapal perikanan.

"Lokasinya berada pada area tempat pemasaran ikan (TPI), tempat pembongkaran ikan, dermaga dan kantor pelayanan pelabuhan perikanan," jelasnya.

Sementara bakti sehat melalui pemeriksaan kesehatan nelayan dan awak kapal perikanan, penyemprotan disinfektan, sterilisasi kapal perikanan, unit pengolahan ikan, TPI, pabrik, pembagian hand sanitizer, masker, distribusi vitamin dan penyediaan bilik disinfektan di pelabuhan UPT pusat.

Adapun bakti usaha nelayan dilakukan melalui pojok pendanaan usaha nelayan dan akselerasi pengurusan surat dan administrasi usaha perikanan tangkap di pelabuhan perikanan, seperti pengurusan surat persetujuan berlayar, surat rekomendasi BBM, dan pengisian air bersih.

"Pelayanan di pelabuhan perikanan ini menerapkan mekanisme physical distancing [jaga jarak fisik] sehingga tidak menimbulkan kerumunan nelayan atau pelaku usaha. Kita antisipasi hal ini untuk mencegah penularan virus corona di kawasan pelabuhan perikanan," papar Zulficar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper