Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilot Meninggal Akibat Corona, Kemenhub Minta Riwayat Kontak

Kemenhub membenarkan telah ada konfirmasi dari maskapai yang bersangkutan terkait dengan meninggalnya seorang pilot yang positif Covid-19.
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan meminta maskapai tempat pilot meninggal terduga terjangkit virus Corona (Covid-19) untuk menyerahkan riwayat perjalanan maupun kontak langsung.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan upaya tersebut merupakan perintah yang sesuai dengan Protokol Kementerian Kesehatan. Setiap orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif corona harus dilacak dan dikarantina.

“Kami minta ke maskapai untuk menyerahkan history [riwayat] pilot ini terbang ke mana saja, kopilotnya siapa, krunya siapa, untuk segera melakukan tes swab dan isolasi mandiri,” kata Novie, Senin (23/3/2020).

Pihaknya membenarkan telah ada konfirmasi dari maskapai yang bersangkutan terkait dengan meninggalnya seorang pilot yang positif Covid-19. Namun, identitas pilot tersebut tidak bisa diungkapkan untuk menjaga kerahasiaan penderita dan menjadi kewenangan maskapai.

"Benar adanya informasi tersebut, tadi sudah dikonfirmasi. Saat ini kami menyiapkan edaran kepada semua operator pesawat udara untuk melaksanakan SOP perlindungan kesehatan awak kabin dan penanganan bagi yang sudah terinfeksi," jelasnya kepada Bisnis.com.

Sebelumnya beredar kabar mengenai adanya seorang pilot maskapai nasional yang meninggal akibat terjangkit virus corona. Diduga, maskapai yang dimaksud adalah Lion Air Group.

Secara terpisah, Lion Air Group belum bisa memastikan penyebab kematian pilotnya yang menurut kabar beredar diduga karena virus Corona. Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan salah satu pilotnya, Capt. Sutopo Putro dinyatakan meninggal dunia kurang lebih pukul 17.50 WIB pada Minggu (22/3/2020) oleh tim medis.

"Sampai dengan saat ini, kami belum menerima informasi yang pasti penyebab atas meninggalnya almarhum Capt. Sutopo Putro," jelasnya melalui keterangan resmi.

Maskapai milik Rusdi Kirana tersebut menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam atas kepergian salah satu penerbang terbaik yakni Capt. Sutopo Putro. Semoga keluarga dan karib kerabat yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper