Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Corona, AP II Perbanyak Tempat Cuci Tangan di Bandara

PT Angkasa Pura II (Persero) menambah tempat untuk mencuci tangan yang disebar di beberapa titik di seluruh bandara yang dikelola perseroan.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menunjukkan mesin check-in yang dilengkapi teknologi biometric facial recognition di Bandara Banyuwangi./Istimewa
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menunjukkan mesin check-in yang dilengkapi teknologi biometric facial recognition di Bandara Banyuwangi./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) menyediakan lebih banyak titik untuk mencuci tangan di area bandara-bandara yang dikelola perseroan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengaku penambahan tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun cuci tangan itu disebar di beberapa titik seperti di area parkir kendaraan bermotor, area penjemputan, area tunggu pengunjung bandara, area dekat dengan titik pengambilan troli bagasi, dan area-area publik lainnya.

"Tempa-tempat cuci tangan yang baru ini melengkapi tempat cuci tangan yang sudah ada di seluruh toilet di bandara, baik yang ada di area publik atau di terminal penumpang pesawat," jelasnya melalui keterangan resmi, Senin (23/2/2020).

Selain itu, AP II juga menyediakan lebih banyak titik hand sanitizer bagi para traveler atau pengunjung bandara di dalam area terminal penumpang pesawat.

Awaluddin mengharapkan dengan adanya lebih banyak titik mencuci tangan yang membuat para pengunjung semakin mudah untuk mencuci tangan bisa menekan risiko penyebaran virus corona.

Selain menambah titik untuk mencuci tangan, dia menyatakan pihaknya juga memperluas area penyemprotan cairan disinfektan agar mencegah penyebaran virus.

Dia menjelaskan jika sebelumnya penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area terminal penumpang pesawat, area publik, lalu ke bagasi penumpang, maka sekarang penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan di sisi udara (airside).

Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer dan menggunakan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida.

“Kami berharap airside dapat steril dari virus, sebagaimana upaya yang telah kami jalani untuk mensterilisasi area terminal penumpang pesawat, area perkantoran, dan area publik lainnya,” jelasnya.

Bandara-bandara di bawah PT Angkasa Pura II juga sudah menjalankan konsep social distancing di beberapa area khususnya di tempat berkumpulnya penumpang pesawat seperti saat proses check-in, pemeriksaan keamanaan, saat di boarding lounge, hingga ketika memproses boarding ke pesawat.

PT Angkasa Pura II saat ini mengelola 19 bandara di Indonesia, yaitu Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Radin Inten II (Lampung), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Depati Amir (Pangkal Pinang), Sultan Thaha (Jambi), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Kemudian, Bandara Internasinal Banyuwangi, Sultan Iskandar Muda (Aceh), Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Silangit (Tapanuli Utara), Kualanamu (Deli Serdang) dan Tjilik Riwut (Palangkaraya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper