Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin dan Apindo Siapkan Bantuan Rp200 Miliar untuk Tangani Wabah Corona

Mewabahnya virus corona di Indonesia, membuat para pengusaha turun tangan untuk memberikan bantuan kepada pemerintah dalam menangani pandemi tersebut.
Sofjan Wanandi./Bisnis-Abdullah Azzam
Sofjan Wanandi./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menargetkan dapat menghimpun bantuan sebesar Rp200 miliar untuk membantu pemerintah menangani wabah corona.

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan bantuan tersebut tidak hanya berubentuk uang atau dana, melainkan juga peralatan kesehatan seperti masker, alat pelindung diri (APD), alat kesehatan hingga alat rapid test.

“Saat ini target kami bisa terhimpun bantuan hingga Rp200 miliar dalam bentuk uang dan barang. Kami sedang bentuk satuan tugas khusus (satgas) untuk menampung sekaligus menyalurkan bantuan dari para pengusaha Indonesia,” katanya ketika dihubungi Bisnis, Senin (23/3/2020).

Dia menambahkan, dalam penyaluran bantuan dari pelaku usaha tersebut, satgas tersebut akan berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) atau Gugus Tugas Covid-19.

Selain itu, lanjutnya, Kadin dan Apindo tidak akan membatasi pengusaha dalam menyalurkan bantuannya dengan tenggat waktu khusus.

“Bantuan Rp200 miliar juga bukan target 'paten', bisa saja bertambah lagi kalau lebih banyak pengusaha berperan aktif lagi untuk membantu. Maka dari itu kami terbuka sekali bila ada inisiatif-inisiatif tambahan untuk bersama-sama memerangi wabah corona ini,” tambahnya.

Dia menambahkan, selain berkoordinasi dengan BNPB dan PMI, seluruh penyaluran donasi dan perusahaan yang berpartisipasi akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper