Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandemi Corona, KKP Tetap Lakukan Pengamanan Nelayan di Natuna

Saat ini fokus pengawasan yang dilakukan jajarannya di lapangan bukan hanya menangkap para pelaku illegal fishing, ​​​​​​​melainkan menjamin keamanan nelayan-nelayan Indonesia.
Sejumlah kapal asing yang tertangkap pihak berwenang siap untuk ditenggelamkan di perairan Natuna, Kepulauan Riau./Antara
Sejumlah kapal asing yang tertangkap pihak berwenang siap untuk ditenggelamkan di perairan Natuna, Kepulauan Riau./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menjamin keamanan kapal nelayan Indonesia yang sedang melakukan penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara RI Laut Natuna Utara dengan melakukan pengawalan ketat.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Tb Haeru Rahayu mengaku tetap melaksanakan tugas pengawalan tersebut kendati dalam suasana pandemi virus Corona (Covid-19).

"Di saat semua ASN [aparatur sipil negara] diimbau untuk work from home, aparat kami di lapangan masih bekerja, berjibaku di laut dalam rangka melaksanakan tugas untuk mengamankan sumber daya kelautan dan perikanan serta menjamin nelayan Indonesia aman melaut," kata Haeru, Kamis (19/3/2020).

Dia menjelaskan saat ini fokus pengawasan yang dilakukan jajarannya di lapangan bukan hanya menangkap para pelaku illegal fishing, melainkan menjamin nelayan-nelayan Indonesia yang melakukan kegiatan penangkapan di laut, tidak mendapatkan gangguan ataupun hambatan.

Pihaknya diminta untuk menghadirkan rasa nyaman bagi nelayan Indonesia khususnya di wilayah perbatasan, sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan. Kehadiran Kapal Pengawas Perikanan KKP tersebut menjadikan nelayan-nelayan bisa melaut di Laut Natuna Utara tanpa ada rasa takut.

Haeru telah menginstruksikan seluruh jajaran di Ditjen PSDKP KKP untuk melaksanakan langkah-langkah taktis di lapangan dalam rangka melindungi nelayan-nelayan Indonesia, khususnya yang saat ini melakukan kegiatan penangkapan ikan di perairan perbatasan seperti di Laut Natuna Utara ini.

"Natuna salah satu area yang menjadi perhatian kami. Tentu saja kami tidak melakukannya sendirian, ada rekan-rekan dari TNI AL, Polri dan Bakamla yang juga melaksanakan pengamanan di Laut Natuna Utara," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Pung Nugroho Saksono menyampaikan sebanyak lima armada Kapal Pengawas Perikanan telah berada di Laut Natuna Utara sejak seminggu yang lalu, termasuk dua armada kapal pengawas perikanan kelas A yaitu KP Orca.

"Ada lima Armada Kapal Pengawas Perikanan yang saat ini berada di Laut Natuna Utara yaitu KP Hiu Macan 1, KP Hiu 11, KP Orca 2, KP Orca 3, KP Hiu Macan Tutul 2," jelas Ipung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper