Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Akses Jalan Akan Disiapkan Menuju Ibu Kota Negara Baru

Tiga akses jalan tersebut adalah ruas Balikpapan-Sepaku sepanjang 60 km, Semboja-IKN 30-40 km, dan Selatan Penajam Paser Utara-IKN 60 km.
Konsep Ibu Kota Negara/Antara.
Konsep Ibu Kota Negara/Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan menyiapkan tiga akses jalan menuju kawasan Ibu Kota Negara (IKN) dalam pengembangan tahap pertama. 

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga mengatakan bahwa tiga akses jalan menuju IKN tersebut berasal dari Samarinda, Balikpapan, dan selatan Penajam Paser Utara.

"Semuanya ruas baru, bisa tol dan non-tol," katanya di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Lebih lanjut, dia merincikan tiga akses jalan tersebut adalah ruas Balikpapan-Sepaku sepanjang 60 kilometer, Semboja-IKN 30-40 kilometer, dan selatan Penajam Paser Utara-IKN 60 kilometer.

Selain itu, Danis memastikan bahwa akses jalan di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan juga akan dibangun secara bertahap.

Bukan hanya akses jalan, dia menyebutkan bahwa ada kemungkinan di dalam IKN akan dibangun bandara selain pengembangan bandara di Samarinda dan Balikpapan.

"Diskusi dari Kementerian Perhubungan sementara akan mengembangkan bandara Balikpapan dan Samarinda. Tapi tidak tertutup kemungkinan di lokasi IKN juga ada bandara," katanya.

Adapun, pembangunan infrastruktur IKN di Provinsi Kalimantan Timur yang rencananya akan mulai dikerjakan pada tahun ini setidaknya akan melibatkan empat kementerian terkait.

Keempat kementerian yang dimaksud antara lain adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper