Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HBA Batu bara Maret Capai US$67,08 per Ton

Adapun HBA di Januari sebesar US$65,93 per ton.
Ilustrasi - Produksi batu bara/ Istimewa
Ilustrasi - Produksi batu bara/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Harga Batubara Acuan (HBA) kembali merangkak naik pada Maret mencapai US$67,08 per ton.

Kenaikan tersebut 0,28 persen dari posisi pada Februari yang sebesar US$66,89 per ton. Adapun HBA di Januari sebesar US$65,93 per ton.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan berdasarkan kondisi pasar global, penyebab naiknya HBA bulan Maret 2020 dipengaruhi oleh berkurangnya pasokan batubara di China.

Hal itu dikarenakan belum mulai beroperasinya kembali tambang batubara di China setelah libur Tahun Baru Imlek.  Selain itu, adanya penyebaran virus corona di China juga berpengaruh pengurangan pasokan batu bara.

"Belum beroperasinya tambang batu baranya penyebaran virus sehingga berkurangnya suppai batubara dari China," ujarnya, Kamis (4/3/2020).
Selain itu, naiknya HBA ini juga adanya permintaan batubara mengalami sedikit peningkatan di India, Jepang, dan Korea Selatan.

HBA merupakan harga yang diperoleh rerata Indeks Bulanan Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC) dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal per kilogram GAR, total moisture 8 persen, total sulphur 0,8 persen dan ash 15 persen.

Untuk diketahui, sepanjang tahun lalu HBA mengalami tekanan. Adapun rerata HBA sepanjang tahun 2019 mencapai US$77,92 per ton, lebih rendah dibandingkan dari rerata HBA pada 2018 yang mencapai US$98,96 juta ton.

Lalu rerata HBA tahun 2017 mencapai US$85,91per metriks ton. Di tahun 2016, rerata HBA mencapai US$61,83 per ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper